Eks Striker Bayern Kini Supersub Tertajam di 5 Liga Besar Eropa

Football5Star.com, Indonesia – Diam-diam, sebuah rekor tumbang saat SC Freiburg bermain imbang 2-2 dengan Eintracht Frankfurt, Kamis (21/1/2021) dini hari WIB. Berkat torehan 1 gol pada lanjutan Liga Jerman itu, Nils Petersen menahbiskan diri sebagai supersub terbaik di lima liga besar Eropa.

Pada pertandingan yang berlangsung di markas Freiburg itu, Petersen baru masuk pada menit ke-58 dengan menggantikan Lucas Hoeler. Hanya berselang 5 menit, eks striker Bayern Munich itu menjebol gawang Frankfurt yang dikawal Kevin Trapp.

Gol itu bersejarah. Sepanjang karier profesionalnya, itu merupakan gol ke-29 yang dicetak Petersen saat berstatus sebagai pemain pengganti. Dia pun resmi melewati rekor milik eks striker Atletico Madrid dan Barcelona, Julio Salinas, sebagai supersub tertajam di lima liga besar Eropa.

Julio Salinas mencetak 28 gol dalam 112 penampilan sebagai pengganti di Liga Spanyol.
futbolretro.es

Sepanjang kariernya dari 1982 hingga 2000, Salinas membukukan 28 gol dari 112 kali tampil sebagai pengganti. Dia melakukannya di Liga Spanyol bersama enam klub. Selain Atletico dan Barcelona, empat klub lain yang dibela Salinas adalah Athletic Bilbao, Sporting Gijon, Deportivo La Coruna, dan Deportivo Alaves.

Kesuksesan melewati rekor Salinas tentu saja membuat Petersen senang. Dia menilai itu sebagai prestasi kejutan dan patut diapresiasi. Sejak awal, dia tak pernah membayangkan hal itu.

“Aku senang terhadap setiap gol yang kubuat sebagai pengganti. Setiap kali bola masuk ke gawang, aku menikmatinya,” kata Nils Petersen selepas laga seperti dikutip Football5Star.com dari Sportbuzzer. “Sebelumnya, aku tak pernah bermimpi akan bermain dalam 29 laga Bundesliga. Aku bohong jika berkata rekor itu tak membuatku bangga.”

Petersen Diintai Messi

Lionel Messi sudah mencetak 26 gol dalam 55 kesempatan jadi pemain pengganti di Liga Spanyol.
euronews.com

Menjadi pemain pengganti tidaklah mengenakkan bagi kebanyakan pesepak bola. Namun, Nils Petersen tak terlalu memedulikan hal itu. Dia selalu mengutamakan kepentingan tim dan mematuhi putusan pelatih. Saat ini, dia menilai perannya sebagai supersub menunjukkan Freiburg punya lini depan bagus dan kompetitif.

Di Liga Jerman, Petersen sudah menjadi supersub terbaik pada 2017. Saat itu, dia melewati rekor lama milik Alexander Zickler dengan 18 gol. Rekor itu sudah bertahan 12 tahun mengingat Zickler hijrah ke Bundesliga Austria pada 2005-06.

Setelah melewati rekor Julio Salinas, bukan berarti Nils Petersen akan berhenti mencetak gol sebagai pemain pengganti. Apalagi, rekornya masih belum aman. Di antara para pemain yang masih aktif saat ini, ada satu pemain yang punya peluang besar menyamai atau bahkan melewatinya.

Pemain yang mengancam rekor Nils Petersen pun bukan sembarangan. Dia adalah megabintang Barcelona dan Argentina, Lionel Messi. Hingga saat ini, La Pulga sudah mencetak 26 gol saat bangkit dari bangku cadangan. Padahal, sepanjang kariernya di Liga Spanyol, dia baru 55 kali tampil sebagai pengganti.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More