Eks Wasit Premier League: Gol Eriksen Tidak Sah!

Football5Star.com, Indonesia – Christian Eriksen membuat sensasi saat Tottenham Hotspur menjamu Manchester United, Kamis (1/2/2018). Dalam laga di Stadion Wembley tersebut, dia menjebol gawang Man. United yang dikawal David de Gea hanya 11 detik setelah wasit Andre Marriner memulai pertandingan. Namun, di mata eks wasit Premier League, Graham Poll, gol itu sebetulnya tidak sah.

Harry Kane sudah berada di wilayah permainan Man. United sebelum kick-off dilakukan.
Twitter @beanymansports

Berbicara di Sky Sports, Poll menilai ada kesalah fatal yang dilakukan Marriner dalam gol tersebut. Kesalahan itu adalah tetap mengesahkan gol meskipun Harry Kane melanggar aturan saat kick-off dilakukan. “Seharusnya gol itu tidak sah. Andai VAR digunakan, gol itu pasti dianulir,” kata Poll.

Sesaat sebelum kick-off dilakukan, Kane ternyata sudah berada di wilayah permainan Man. United. Dalam aturan yang berlaku, semua pemain harus berada di wilayah timnya sebelum kick-off dilakukan. Andai ada pemain yang melanggar peraturan tersebut, wasit biasanya akan meminta kick-off diulang.

Hal yang paling fatal, berkat pelanggaran terhadap aturan itu, Kane terlibat aktif dalam gol kilat yang dibuat Eriksen. Dialah yang menyongsong umpan jauh dengan kepalanya yang lantas diteruskan umpan tumit Dele Alli kepada sang playmaker asal Denmark.

Gol cepat itu secara psikologis memukul pasukan Jose Mourinho. Hal itu diakui Ashley Young. “Kami benar-benar kecewa berat kalah dengan gol yang terlalu cepat. Itu sungguh berat,” kata dia kepada Manchester Evening News soal suasana ruang ganti Red Devils usai pertandingan.

Comments
Loading...