Eksekusi Penaltinya Gagal, Antoine Griezmann Tetap Dipuji Koeman

Football5Star.com, Indonesia – Antoine Griezmann gagal mencetak gol dari titik penalti saat Barcelona menang 5-2 atas Real Betis, Sabtu (7/11/2020). Meskipun begitu, Ronald Koeman tetap memberikan pujian. Pelatih El Barca itu menilai sang pemain telah menunjukkan karakter yang bagus.

Barcelona mendapat hadiah penalti dari wasit Guillermo Cuadra Fernandez saat laga berjalan 31 menit setelah Aissa Mandi mengganjal Ansu Fati di kotak terlarang. Karena Lionel Messi tak tampil sebagai starter, Antoine Griezmann dipercaya Koeman untuk mengambil eksekusi penalti.

Akan tetapi, Griezmann gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Eksekusinya mampu dimentahkan kiper Real Betis, Claudio Bravo. Itu sangat berbeda dari eksekusi Messi pada babak kedua yang mampu berbuah gol.

Getty Images

Meskipun demikian, Koeman tak menyudutkan Griezmann. Dia tetap menilai pemain asal Prancis itu telah bermain bagus. Apalagi, faktanya, dialah yang memberikan assist bagi gol pembuka yang dibuat Ousmane Dembele. Lalu, pada menit ke-49, dia akhirnya mampu menaklukkan Claudio Bravo dengan memanfaatkan umpan Jordi Alba.

“Saya harap dia terus melanjutkan kerja apiknya,” kata Ronald Koeman soal Griezmann selepas laga seperti dikutip Football5Star.com dari Sport 24. “Sangat penting untuk menggarisbawahi karakternya. Dia terus bekerja keras, tak terpukul meskipun gagal mengeksekusi penalti.”

Lebih lanjut, eks pelatih timnas Belanda itu berujar, “Dia tahu betul sudah gagal mengeksekusi penalti dan menyia-nyiakan beberapa peluang. Namun, itu juga berarti dia selalu berada di posisi yang tepat untuk mencetak gol. Karakter ini sangatlah penting.”

Griezmann Jadi Second Striker

Getty Images

Pada laga Barcelona vs Real Betis, Antoine Griezmann menempati posisi tak biasa. Jika sebelumnya dipasang sebagai winger kanan dan ujung tombak, kali ini dia beroperasi sebagai second striker. Itu tak terlepas dari putusan Koeman mencadangkan Messi.

Satu hal yang menarik, Griezmann mampu tampil apik. Dia bahkan mendapatkan rating tertingginya dari WhoScored sepanjang musim ini saat membela Barcelona. Membuat satu assist dan satu gol, dia diberi rating 7,95. Rating serupa didapatkan saat dia membela timnas Prancis melawan Kroasia.

Hal itu seperti menegaskan penilaian Didier Deschamps beberapa waktu lalu. Pelatih timnas Prancis itu sempat mengingatkan Koeman bahwa Antoine Griezmann bukanlah pemain sayap. Menurut dia, eks pemain Atletico Madrid itu akan lebih efektif berada di antara lini tengah dan depan.

Antoine GriezmannBarcelonaLaLigaLiga SpanyolReal BetisRonald Koeman