Elkeson Pemain Brasil Pertama yang Membela Timnas Cina

Football5star.com, Indonesia – Timnas Cina memasukkan nama pemain berdarah Brasil Elkeson untuk laga di Pra Piala Dunia zona Asia pada September 2019 mendatang, Minggu (18/8/2019). Elkeson jadi pemain pertama yang sama sekali tidak memiliki asal usul Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dikutip dari AFP, federasi sepak bola Asia mengumumkan bahwa Elkeson menjadi bagian dari skuat Marcello Lippi setelah striker berusia 30 tahun itu menerima kewarganegaraan Cina.

Ambisi Cina untuk kembali tampil di Piala Dunia untuk kali kedua membuat federasi sepak bola negera tersebut melakukan sejumlah terobosan baru.

Dipanggilnya Elkeson jadi bagian dari timnas Cina mengikuti nama asing lainnya yang lebih dahulu dipanggil yakni Nico Yennaris. Namun Yennaris diketahui masih memiliki darah Cina dari ibunya.

scmp.com

Pada laga persahabatan melawan Filipina pada Juni 2019 lalu, Lippi memainkan Yennaris selama 55 menit. Didaftarkannya nama Elkeson bukan tanpa sebab.

Pemain yang sudah dari 2013 bermain di Liga Super Cina itu menjadi salah satu bomber ganas bersama Guangzhou Evergrande. Pada 2013 dan 2015, Elkeson antarkan Guangzho meraih gelar Liga Champions Asia.

Pemain bernama lengkap Elkeson de Oliveira Cardoso memulai karier sepak bolanya di akademi Vitoria pada 2001 silam. Sempat bermain untuk Botafogo, Elkeson merantau ke Liga Super Cina.

Sejak berkarier di Cina dari 2013, pemain kelahiran 13 Juli 1989 ini hanya membela dua klub, Guangzhou Evergrande dan Shanghai SIPG.

Cina sendiri di babak Pra Piala Dunia zona Asia tergabung di grup A bersama Suriah, Filipina, Maladewa, dan Guam.

Comments
Loading...