Empat Wakil Inggris di Perempat Final, Sinyal Bagus bagi Man. United?

Football5Star.com, Indonesia – Delapan tim akhirnya memastikan melaju ke perempat final Liga Champions. Tottenham Hotspur, FC Porto, Manchester United, dan Ajax Amsterdam meraih tiket 8-besar pada pekan lalu. Sementara itu, Juventus, Manchester City, Barcelona, dan Liverpool memastikannya pada tengah pekan ini.

Menilik komposisi yang ada, Inggris mendominasi. Manchester United, Manchester City, Liverpool, dan Tottenham Hotspur membuat perempat final Liga Champions kali ini beraroma Premier League. Ini sesuatu yang terbilang langka dan istimewa.

Manchester United juara Liga Champions 2007-08 ketika empat wakil Inggris meramaikan perempat final.
dailymail.co.uk

Sebelum musim ini, empat wakil Inggris di perempat final Liga Champions baru terjadi dua kali, yakni pada musim 2007-08 dan 2008-09. Pada dua musim tersebut, Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea sama-sama berada di 8-besar. Kini, tempat Arsenal dan Chelsea diambil Manchester City dan Tottenham Hotspur.

Menilik catatan hasil Liga Champions pada dua musim beruntun itu, Manchester United punya kenangan bagus. Mereka selalu mampu menembus final. Bahkan, pada 2007-08, mereka sanggup menjadi juara dengan mengalahkan Chelsea lewat adu penalti yang diwarnai insiden John Terry terpeleset saat jadi algojo kelima.

Sementara itu, pada musim berikutnya, anak-anak asuh Sir Alex Ferguson gagal mempertahankan gelar. Dua gol dari Samuel Eto’o dan Lionel Messi membuat mereka harus menyerahkan Si Kuping Besar kepada Barcelona.

Derbi Inggris untuk Liverpool

Bukan hanya Manchester United yang punya catatan menarik saat empat wakil Inggris meramaikan perempat final Liga Champions. Liverpool pun demikian. Bedanya, catatan menarik klub berjuluk The Reds itu ada di perempat final.

Dalam dua kesempatan terdahulu empat wakil Inggris berada di perempat final, Liverpool selalu ditakdirkan menjalani Derbi Inggris. Pada 2007-08, The Reds harus meladeni Arsenal. Musim berikutnya, giliran Chelsea yang menjadi lawan mereka.

Liverpool selalu jalani Derbi Inggris kala empat klub Premier League ramaikan perempat final Liga Champions.
thisisanfield.com

Hasil Derbi Inggris itu pun berbeda. Liverpool berhasil melewati adangan Arsenal pada 2007-08 dengan kemenangan agregat 5-3. Imbang 1-1 di kandang lawan pada leg I, mereka menang 4-2 di kandang sendiri pada leg II.

Musim berikutnya, the Reds kalah agregat 5-7 dari Chelsea. Kalah 1-3 di Stadion Anfield pada leg I, tim yang kala itu ditangani Rafael Benitez hanya mampu imbang 4-4 pada leg II di Stadion Stamford Bridge.

Satu fakta menarik lain, pada dua kesempatan terdahulu, hanya satu wakil Inggris yang akhirnya gagal lolos ke semifinal. Satu-satunya wakil yang gagal itu adalah yang kalah dalam Derbi Inggris. Artinya, semua wakil Inggris yang menghadapi wakil negara lain selalu berhasil melaju ke semifinal.

Di babak 4-besar, tiga klub Inggris itu lantas mengeroyok Barcelona yang pada dua musim tersebut selalu bertemu wakil Jerman di perempat final. Pada 2007-08, langkah klub berjuluk Blaugrana dihentikan Manchester United berkat gol tunggal Paul Scholes pada leg II semifinal di Old Trafford. Adapun pada musim berikutnya, mereka tak teradang dan lantas juara.

Comments
Loading...