Enam Klub Liga 1 Bisa Berlaga di Kompetisi Asia

Football5star.com, Indonesia – Enam klub Liga 1 dipastikan bisa bermain di kancah Asia setelah mendapatkan lisensi granted dari AFC. Keenam klub tersebut adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Persipura Jayapura, Persib Bandung, dan Persija Jakarta.

Musim ini, terdapat 16 klub peserta Liga 1 yang mengikuti tahapan Club Licensing. Dari 16 klub tersebut, enam mendapatkan status granted, dua mendapatkan status granted with sanction dan sisanya ditolak oleh AFC.

Dua klub yang mendapatkan status granted with sanction adalah Bhayangkara FC dan Bali United. Status granted with sanction membuat kedua klub tersebut masih harus melengkapi beberapa data sebelum bergulirnya kompetisi AFC musim 2020 mendatang.

Liga 1 - AFC - Lisensi - liga-indonesia. id
liga-indonesia.id

Ada lima kategori yang dievaluasi dalam tahapan AFC Club Licensing 2019. Di antaranya adalah sporting, infrastructure, personnel & administration, legal, dan finance. Keenam klub yang mendapatkan lisensi granted mendapatkan skor yang baik dalam lima kategori tersebut.

 “Harapannya dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepak bola modern baik dari AFC maupun PSSI,” ujar Timmy Setiawan, Chairperson Club Licensing Committee dikutip dari laman resmi Liga 1.

Adanya enam klub yang mendapatkan lisensi granted tentu menjadi pertanda bagus untuk sepak bola Indonesia. Pasalnya, musim lalu status granted hanya diberikan kepada tiga klub peserta Liga 1.

Comments
Loading...