Fans Ajax Berhasil Kumpulkan Dana untuk Bangun Patung Johan Cruyff

Football5star.com, Indonesia – Kecintaan fans Ajax Amsterdam kepada legenda terbesar mereka, Johan Cruyff, tak perlu diragukan lagi. Ini setidaknya terlihat dari keberhasilan mereka mengumpulan dana sebesar 66 ribu pounds dalam tiga bulan untuk membangun patung Cruyff.

Pengumpulan dana tersebut dilakukan dengan berbagai cara. Seperti secara online maupun menghimpun dana dari tiap laga kandang Ajax, salah satunya ketika mereka menjamu AZ Alkmaar pada tujuh Oktober lalu. Aksi ini pun sudah berlangsung sejak Agustus lalu.

Setelah dana terkumpul, para fans akan mendiskusikan siapa yang akan memahat patung legenda terbaik sepanjang sejarah Belanda itu. Diprediksi mereka akan memastikan pengrajin patung tersebut sebelum pergantian tahun.

Ini adalah bentuk kehormatan kedua yang dibuat Ajax untuk Cruyff. Sebelumnya mereka sudah lebih dulu mengganti nama stadion Amsterdam Arena menjadi Johan Cruyff Arena. Ini dilakukan untuk menghormati jasa besar sang legenda kepada klub dan juga sepak bola Belanda.

independent.co.uk

Cruyff meninggal dunia pada 2016 lalu. Semasa bermain, ayah dari Jordi Cruyff ini mengawali karier di tim senior The Amsterdamers pada 1964. Di klub tersukses Belanda itu ia bertahan hingga 1973 dan meraih tiga trofi Liga Champions.

Jasa-jasanya untuk dunia sepak bola tentu tidak perlu diragukan lagi. Ia dianggap sebagai orang yang merevolusi permainan sepak bola. Bahkan pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengakui bahwa Cruyff punya andil besar dalam gaya permainan yang diterapkan selama ini.

Comments
Loading...