Gol Pemain Tunanetra Terpilih Sebagai yang Terbaik di Jerman

52

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5Star.com, Indonesia – Sejarah benar-benar tercipta di sepak bola Jerman. Untuk kali pertama, gol dari seorang pemain tunanetra terpilih sebagai gol terbaik bulanan versi ARD. Sang pencetak gol adalah Serdal Celebi yang membela tim sepak bola tunanetra FC St. Pauli.

Hal itu diumumkan secara resmi oleh akun ARD, Minggu (16/9/2018). Dalam tweet pengumuman pemenang gol terbaik periode Agustus 2018 disebutkan, “Serdal Celebi dari FC St. Pauli jadi pemain tunanetra pertama yang mencetak gol terbaik bulanan. Selamat!”

Gol yang dicetak Celebi saat St. Pauli kalah dari MTV Stuttgart di final kompetisi tunanetra itu mengalahkan empat kandidat lain. Keempatnya adalah gol dari Kai Druschky (Chemie Leipzig), Jonas Meffert (Holstein Kiel), Marvin Plattenhardt (Hertha BSC), dan Mike Frantz (SC Freiburg).

Menanggapi keberhasilannya, Celebi mengaku bangga. “Aku sangat senang mencetak gol terbaik untuk sepak bola tunanetra yang merupakan sebuah sejarah,” kata pemain berumur 34 tahun yang juga tercatat sebagai penggawa timnas Jerman tersebut seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Sejak 1971, ARD rutin mengadakan pemilihan gol terbaik bulanan. Lukas Podolski hingga kini masih memegang rekor. Sebanyak selusin gol dari pemain Vissel Kobe itu yang pernah dinobatkan sebagai gol terbaik bulanan.

Podolski mengungguli Juergen Klinsmann yang sepanjang kariernya hanya tujuh kali mencetak gol terbaik bulanan. Di bawah Klinsmann ada Mario Basler, Klaus Fischer, dan Karl-Heinz Rummenigge. Mereka sama-sama sempat enam kali dinobatkan sebagai pencetak gol terbaik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.