Sunday League LGBT London Buka Pendaftaran untuk Umum

114

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Untuk pertama kalinya, Sunday League khusus LGBT di London (LUL), akan membuka pendaftaran untuk peserta dari luar komunitas. Untuk diketahui, LUL sendiri adalah liga amatir untuk pesepak bola LGBT. Hal ini dilakukan karena pemain LGBT tidak nyaman bermain dengan orang di luar komunitas mereka.

Masalah gender dan isu LGBT memang masih menjadi polemik di Inggris. Baru-baru ini misalnya, Hector Bellerin disebut beberapa suporter sebagai lesbian hanya karena rambutnya yang panjang. Di Inggris, diskriminasi seperti ini masih rutin terjadi. Itulah mengapa upaya LUL membuka turnamen untuk umum adalah langkah awal yang berani.

“LUL dimulai karena orang-orang LGBT tidak nyaman bermain dengan orang di luar sana. Tapi, waktu berubah. Kini, mereka menjadi lebih berani dan nyaman untuk bermain bersama orang-orang lain di luar sana,” ujar Chairman LUL, Brian Silk dikutip dari Telegraph.

Turnamen ini sendiri akan dimulai pada November 2018 ini. Sementara itu, pendaftaran untuk tim-tim amatir non-LGBT juga sudah dibuka sejak Agustus lalu. Ini adalah upaya nyata untuk menggabungkan LGBT dan non-LGBT di satu kompetisi yang sama tanpa perlu terjadi diskriminasi.

LUL
Foto: londontitans.com

Komunitas untuk LGBT ini sendiri terbentuk sejak 2006. Saat itu, mereka hanya diikuti 8 tim saja. Uniknya, mereka mempersilakan siapapun untuk bermain, termasuk para transgender. Di komunitas ini, apapun jenis kelaminmu tidak dipermasalahkan. Tujuan utama mereka adalah memberi wadah bagi kawan-kawan LGBT di London untuk bermain sepak bola dengan aman dan nyaman.

Dalam dua musim terakhir, jumlah peminat liganya semakin meningkat. Bahkan, jumlahnya melebihi Sunday League biasa yang diikuti peserta amatir non-LGBT. Hal ini yang semakin mendorong upaya LUL untuk mengajak para non-LGBT bermain dan berkompetisi bersama mereka.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.