Mengungkap Korupsi yang Menghebohkan Sepak Bola Belgia

Football5star.com, Indonesia – Kasus korupsi di dunia sepak bola kembali terjadi. Kali ini, Jupiler League, yang menjadi kasta tertinggi kompetisi sepak bola Belgia menjadi sasarannya.

Kepolisian Belgia mengklaim ada bukti suap yang terjadi di kompetisi Jupiler League musim lalu. Polisi mencurigai adanya transaksi yang mencurigakan untuk mengatur skor pertandingan.

Investigasi yang sudah dimulai sejak 2017 lalu itu kembali di buka tahun ini. Bahkan polisi dan kejaksaan agung setempat sudah menggeledah beberapa klub, pemain, wasit, agen, hingga direksi klub. Tim-tim raksasa sekaliber Anderlecht dan Club Brugge pun tak luput dari kasus ini.

southfront.org

“Investigasi yudisial mengarah pada aktivitas terakit organisasi kriminal, pencucian uang, dan korupsi. Pencarian dilakukan di beberapa klub Jupiler League. Kami sudah mengamankan dokumen yang dibutuhkan,” demikian keterangan pihak kejaksaan Belgia seperti dilansir Goal, Rabu (10/10/2018).

“Kami juga menggeledah rumah-rumah direksi klub, pemain, agen, wasit, mantan pengacara, akuntan, bendahara, dan jurnalis. Sebagian dari mereka akan menjalani interogasi lebih mendalam,” sambungnya.

Penyelidikan kasus korupsi yang diklaim sebagai kasus terbesar yang melanda sepak bola Belgia ini juga sampai ke beberapa negara tetangga seperti Siprus, Prancis, Luxemburg, Makedonia, serta Serbia.

“Kami juga melakukan pencarian ke luar negeri, terutama ke beberapa tempat yang mungkin digunakan untuk transaksi finansial. Dokumen dan dana telah diamankan, seperti akun bank untuk melakukan transaksi,” tambah pernyataan tersebut.

Kendati sedang tertimpa masalah korupsi besar, kompetisi Liga Belgia sepertinya tetap akan berjalan musim ini. Termasuk Anderlecht dan Club Brugge yang musim ini berlaga di Liga Champions.

Comments
Loading...