Ramonda Serbica, Bunga Penuh Makna yang Dipakai Klopp

Football5star.com, Indonesia – Laga Liverpool melawan klub asal Serbia, Crvena Zvezda, tidak hanya menyisakan kekalahan menyakitkan bagi Liverpool. Tapi juga mengungkapkan cerita lain yang dihadirkan Juergen Klopp. Tidak seperti biasanya, sang manajer menyematkan bunga Ramonda Serbica di jaket yang dikenakan.

Lalu, apa makna dari bunga berwarna ungu tersebut? Ramonda Serbica merupakan sebuah lambang tanda penghormatan tertinggi bagi para warga Serbia yang meninggal saat pecahnya perang dunia pertama. Ketika itu, sebanyak 1,247.000 warga Serbia harus meregang nyawa akibat perang dunia.

Ramonda Serbica kemudian disimbolkan sebagai kebangkitan rakyat dan para tentara dari keterpurukan akibat perang. Hingga saat ini, bunga berwarna ungu tersebut masih kerap dikenakan rakyat Serbia untuk mengenang keganasan perang.

Sementara itu, keputusan Klopp mengenakan bunga yang hanya hidup di daerah bercuaca dingin itu banyak menuai pujian. Apalagi latar belakang sang manajer yang berkebangsaan Jerman. Seperti yang diketahui, Jerman menjadi salah satu negara penyebab meletusnya perang paling mematikan sepanjang sejarah tersebut.

Bunga Ramonda Serbica tidak hanya bisa ditemukan di Serbia saja, tapi juga di beberapa negara tetangga seperti Albania, Bulgaria, Yunani, dan Makedonia.

Di sepak bola, selama ini sudah lebih dulu mengenal bunga Poppy yang selalu digunakan seluruh tim di Liga Inggris saat memasuki bulan November. Bunga Poppy ini pun merupakan simbol penghormatan untuk tentara Inggris yang gugur saat perang dunia.

Comments
Loading...