Solidaritas Guardiola untuk Tahanan Politik Katalonia

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, selama ini kerap menggunakan pita kuning sebagai tanda dukungan kepada tahanan politik di Katalonia. Hingga saat ini, ia pun tetap menunjukkan rasa solidaritasnya kendati kerap diberi sanksi oleh FA terkait pita kuning tersebut.

Tensi politik di Katalonia sempat memanas beberapa waktu lalu. Itu tak lepas dari referendum yang dilakukan Barcelona yang ingin berpisah dari Spanyol. Atas referendum yang memanas itu, beberapa orang ditangkap kepolisian Spanyol hingga sekarang.

Ditangkapnya beberapa orang ini dianggap Guardiola sebagai tindakan semena-mena. Menurutnya, orang-orang tersebut tidak ada kaitannya dengan politik antara Spanyol dan Katalonia.

Katalonia Camp Nou (ABC.com)
abc.com

“Saya tidak diizinkan untuk memakai pita di pertandingan. Saya tahu itu. Apa yang mengecewakan saya adalah bahwa orang-orang itu masih di penjara setahun kemudian dan mereka dituduh melakukan sesuatu yang tidak mereka lakukan,” ujar Guardiola seperti dilansir Football Espana, Sabtu (10/11/2018).

“Jika mereka masih di sana, saya juga bisa. Ada orang-orang yang sudah di penjara dengan cara yang salah selama lebih dari setahun. Mereka bukan politis, mereka hanya menyatakan pendapat saja. Itu sebabnya saya mendukung mereka dengan pita,” ia menjelaskan.

Tidak ketinggalan, pelatih asli Barcelona ini meminta publik untuk mendukung aksinya tersebut. “Saya juga ingin Anda mendukung saya atas aksi ini, atau ketika saya dipenjara secara tidak adil. Saya selalu memakainya untuk mengingatkan kita semua,” tutupnya.

Comments
Loading...