Terima Bersalah dalam Kasus Pajak, Alexis Tak Akan Dibui

196

Football5Star.com, Indonesia – Alexis Sanchez telah menerima putusan 16 bulan kurungan atas penggelapan pajak yang dijatuhkan pengadilan Spanyol. Meskipun demikian, penggawa Manchester United tersebut tak akan mendekam di penjara.

Alexis dituduh menggelapkan pajak dengan senilai 1 juta euro dan tak melaporkan pendapatan dari image rights pada 2012 hingga 2013. Menurut Kantor Berita EFE, Alexis telah membayarkan utang pajak itu beserta bunganya, termasuk denda sebesar 509.065 euro. Namun, pengadilan tetap menjatuhkan hukuman dua kali delapan bulan penjara.

Alexis Sanchez dijatuhi hukuman 16 bulan penjara.
90min.com

Agen Alexis, Fernando Felicevich, mengaku pihaknya dipaksa menerima kesepakatan yang tak adil tersebut karena tekanan yang sengaja diciptakan oleh pihak tertentu. Menurut dia, hampir semua orang asing di Spanyol mengalami hal itu dan dipaksa mencapai simpulan bahwa memang lebih baik untuk menerima kesepakatan yang tak adil tersebut.

“Dalam situasi ini, meskipun Alexis terbukti tak melakukan kejahatan apa pun, kami dipaksa, atas rekomendasi penasihat hukum kami, untuk menerima pakta yang sebenarnya tak adil. Itu dilakukan untuk meringankan tekanan emosional, personal, dan ekonomi yang timbul,” terang Velicevich dalam pernyataan via Twitter. “Media sudah terbiasa mengekspos secara terbuka dan menghakimi hal-hal yang bersifat pribadi.”

Meskipun telah menerima vonis penjara 16 bulan, Alexis tak akan mendekam di hotel prodeo. Sesuai hukum di Spanyol, seseorang yang baru kali pertama melakukan kejahatan tak perlu dibui andai masa hukumannya tidak mencapai 2 tahun.

Sebelum mantan penggawa Barcelona itu, beberapa tokoh sepak bola lain juga sempat tersandung masalah serupa. Di antara mereka adalah Jose Mourinho, Lionel Messi, dan Javier Mascherano. Masalah penggelapan pajak juga tengah dihadapi bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.