Pelatih Ajax Ogah Gantikan Posisi Ronald Koeman

Football5star.com, Indonesia – Taktisi Ajax, Erik ten Hag, mengaku tak memiliki minat untuk mengisi pos pelatih kepala timnas Belanda yang ditinggal Ronald Koeman. Ten Hag tak tertarik menjadi pelatih timnas Belanda karena masih terikat kontrak dengan Ajax.

Koeman merupakan sosok yang berhasil membangkitkan timnas Belanda. Ia sukses mengantar De Oranje melaju ke final UEFA Nations League edisi 2019. Selama satu tahun melatih Virgil van Dijk cs, Koeman memiliki catatan 11 menang dan lima imbang dari 20 penampilan.

Catatan gemilang tersebut membuat Barcelona kepincut. Pada 19 Agustus lalu, Blaugrana resmi menunjuk Koeman sebagai suksesor Quique Setien yang didepak.

The Times

Hingga saat ini, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) masih belum menunjuk siapa sosok yang bakal menggantikan Koeman. Beberapa nama yang menjadi pertimbangan antara lain adalah Louis van Gaal, Ruud Gullit, serta Ten Hag.

“Pelatih timnas Belanda merupakan pekerjaan yang cukup menarik. Tapi, saya masih terikat kontrak bersama Ajax. Hal itu membuat saya tak bisa menggantikan Ronald Koeman,” kata Erik ten Hag kepada NOS.

Lebih lanjut, Ten Hag juga tak menutup kemungkinan untuk melatih De Oranje di masa depan. Akan tetapi, saat ini ia masih fokus mempersiapkan diri bersama De Godenzoden jelang bergulirnya kompetisi musim 2020-21.

“Jujur, saya cukup tertarik melatih timnas Belanda. Tapi, saat ini saya sedang melakukan persiapan bersama Ajax. Hal itu memberikan saya energi baru untuk menjelang musim depan. Itu menjadi fokus saya saat ini,” tutur pelatih berusia 50 tahun itu.

AjaxErik ten HagRonald KoemanTimnas Belanda