Ernesto Valverde: Penyakit Tandang Barcelona adalah Tiki-taka

Football5Star.com, Indonesia – Barcelona masih belum digdaya pada pentas LaLiga musim ini. Hingga jornada ke-4, anak-anak asuh Ernesto Valverde masih berada di posisi ke-5 dengan terpaut tiga poin dari Sevilla, sang pemuncak klasemen.

Performa yang masih belum baik itu antara lain memang terkait Lionel Messi yang harus absen karena cedera otot betis. Kini, sang megabintang sudah kembali. Saat imbang 0-0 di kandang Borussia Dortmund pada matchday I Liga Champions, La Pulga turun sekitar 30 menit.

Meskipun demikian, Ernesto Valverde punya diagnosis lain. Menurut dia, ketiadaan Lionel Messi bukan penyebab utama performa buruk Barcelona. Hal yang lebih parah adalah tim yang terjebak dalam tiki-taka. Mereka lebih sering menguasai bola, tapi tak mampu mengonversinya menjadi peluang dan gol.

Para pemain Barcelona diminta Ernesto Valverde tak terlena oleh tiki-taka saat berlaga di kandang lawan.
dbsportsonline.com

“Kami tak membuat penguasaan bola menjadi efektif. Kami lebih sering menguasai bola, tapi tak setajam lawan. Itu sering kali terjadi di daerah-daerah yang menuntut kami lebih kejam, lebih vertikal,” kata Ernesto Valverde seperti dikutip Football5Star.com dari El Pais.

Eks pelatih Athletic Bilbao itu tak alergi terhadap tiki-taka. Namun, dia juga menekankan efektivitas karena tujuan utama adalah memenangi pertandingan, bukan sekadar mempertunjukkan keliahain mengolah bola dan mengoper ke sana ke mari. “Menguasai bola harus diterjemahkan menjadi gol. Itulah yang saat ini tak seimbang di sini,” ucap dia.

Waspadai Granada

Secara khusus, Ernesto Valverde menyoroti kecenderungan terlena tiki-taka itu saat Barcelona melakoni laga tandang. Musim ini, El Barca belum menang di kandang lawan. Mereka kalah 0-1 dari Bilbao, imbang 2-2 dengan Osasuna, dan seri tanpa gol melawan Dortmund.

Pelatih berumur 55 tahun itu berharap Lionel Messi dkk. mampu menunjukkan perubahan saat melawat ke kandang Granada pada akhir pekan ini. Dia mengingatkan, sudah enam laga tandang LaLiga yang tak dimenangi Barcelona.

“Segala yang telah kami lakukan dengan baik pada laga kandang, justru lupa pada laga tandang. Kami harus mengubah ini. kami harus lebih garang dan kejam,” kata Ernesto Valverde lagi.

Khusus mengenai Granada, Ernesto Valverde mewanti-wanti anak-anak asuhnya untuk tak memandang sebelah mata. “Ini adalah tim yang tak akan membiarkan Anda bermain. Mereka selalu mencoba melakukan hal-hal yang tak terduga dan sejauh ini berhasil,” ucap dia.

Comments
Loading...