Exco PSSI: KLB PSSI Menunggu Restu FIFA

Football5star.com, Indonesia – Keinginan banyak pihak agar PSSI segera melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB) masih harus ditahan. Hal ini dikarenakan federasi tertinggi sepak bola Indonesia itu masih harus menunggu restu dari FIFA.

Kepastian ini disebutkan oleh anggota Komite Eksekutif PSSI, Dirk Soplanit. Menurut pria yang baru saja ditunjuk sebagai Direktur PT LIB tersebut, mereka tidak bisa langsung menggelar KLB PSSI tanpa ada mandat dari FIFA.

“Tentunya, ke FIFA kami tidak bisa tiba-tiba pergi ke Swiss. Kami bersurat dulu, dan proses menyurat itu sudah berlangsung. Sudah mulai berjalan. Untuk meminta, kapan kami bisa menghadap FIFA,” ujar anggota Exco, Dirk Soplanit, dilansir Football5star dari Bolacom.

Ratu Tisha Destria - PSSI - Liga Indonesia - Football5star - abdillaaaah
Football5star

Artinya, waktu penyelenggaraan KLB PSSI menunggu jawaban dari FIFA. Kapan FIFA menerima surat dari PSSI dan menyetujui PSSI menyelenggarakan KLB.

“Jadi, sebelum menentukan waktu KLB, menunggu jawaban mereka dulu kapan mereka bisa menerima kami,” ujar Dirk.

PSSI juga memiliki kewajiban untuk menjelaskan alasan mereka menyelenggarakan KLB ke AFC. Posisi PSSI yang berada di bawah AFC membuat mereka tak bisa serta merta melupakan AFC sebagai induk sepak bola kawasan.

Kesibukan AFC yang tengah memiliki beberapa agenda penting dalam waktu dekat bisa menjadi kendala. “Karena kesibukan AFC yang kami lihat. Karena, kalau kami sampaikan ke FIFA, itu pasti FIFA akan teruskan kepada AFC yang punya kewenangan langsung, katakanlah begitu, karena kami kan di bawah AFC,” ujar Dirk Soplanit.