Ezra Walian vs Marinus Wanewar, Siapa Lebih Pantas?

Football5star.com, Indonesia – Timnas U-23 Indonesia akan memulai perjuangan menghadapi Thailand pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Sejumlah persiapan terus dimatangkan oleh pelatih Indra Sjafri dari menggelar pemusatan latihan, uji tanding, termasuk memilih skuat.

Dari 24 pemain yang ada saat ini, terdapat dua ujung tombak yakni Ezra Walian dan Marinus Wanewar. Meski skuat saat ini belum final karena Indra masih akan mencoret satu pemain, kehadiran dua pemain tersebut menambah seru persaingan lini depan.

Dua pemain ini punya tipikal permainan yang berbeda satu sama lain. Semua kemungkinan masih bisa terjadi, termasuk mempertahankan keduanya atau mencoret salah satu dari mereka. Sebelumnya, Indra Sjafri memang memanggil Ezra untuk mencoba kemampuannya bersama tim nasional.

Perbedaan Karakter Bermain

Ezra dan Marinus punya karakter bermain yang cenderung berbeda saat ini. Terutama setelah gelaran Piala AFF U-22 2019 lalu di Kamboja. Pasalnya, Marinus sudah mulai menyesuaikan diri sebagai pemain tim. Sebelumnya, ia tipikal penyerang penunggu bola di lini depan. Hasilnya, tiga gol ia sarangkan sepanjang turnamen dan masuk ke jajaran pemain tersubur.

Egy Maulana - Ezra Walian - timnas Indonesia U-22 - breakingnews.co.id
Breakingnews.co.id

Sementara Ezra, masih mempertahankan gaya lamanya sebagai targetman di depan. Salah satu bukti nyatanya adalah ketika menghadapi Bali United beberapa waktu lalu. Gol yang ia cetak ke gawang Serdadu Tridatu merupakan hasil dari serangan balik terorganisir dari lini belakang. Ezra? Menunggu bola di depan.

Perbedaan keduanya bagai dua sisi mata uang. Bisa jadi hal ini memudahkan Indra Sjafri untuk memperbanyak variasi serangan dengan menggunakan salah satu, atau keduanya dari dua pemain ini. Namun, bisa jadi sebaliknya, pelatih harus punya setidaknya satu pola permainan ajeg sepanjang turnamen. Meningat level lawan yang dihadapi, bukan hal bijak untuk melakukan sebuah eksperimen.

Marinus Lebih Lama Gabung Tim

Bisa dikatakan, Ezra adalah pendatang baru di tim ini. Pemain yang pernah memperkuat timnas Belanda U-17 tersebut tidak menjadi bagian dari juaranya Indonesia di Piala AFF U-22 lalu. Bersama Egy Maulana dan Saddil Ramdani, ketiganya tetap berada di klub masing-masing.

Indonesia vs Thailand.

Sementara Marinus, sudah menjadi bagian hampir dari setiap turnamen yang diikuti timnas generasi ini. Catatan apiknya selama Piala AFF U-22 lalu jadi bukti kesiapan pemain asal Papua ini. Secara jam terbang dan penyesuaian tentu pemain berusia 20 tahun tersebut lebih siap dibandingkan Ezra.

Sejarahnya, nama Ezra Walian memang tidak melejit bersama “rombongan” Indra Sjafri. Ia menjadi pilihan utama tim nasional ketika Luis Milla menjabat sebagai pelatih kepala.

Adu Tajam Dua Penyerang Depan

Bicara soal siapa lebih pantas membela timnas untuk seorang penyerang, salah satunya ditentukan dari produktivitas. Keduanya sama-sama membela timnas U-23 Indonesia sejak 2017 silam. Beberapa pertandinga sudah dilakoni keduanya dalam berbagai turnamen

Ezra Walian, hingga saat ini sudah mengantongi tujuh pertandingan untuk timnas U-23 Indonesia. Pemain yang pernah mengenyam pengalaman bermain di tim junior Ajax Amsterdam tersebut mengemas tiga gol. Sementara Marinus, punya catatan lebih baik.

Marinus mengantongi 10 pertandingan untuk tim nasional U-23 sejak SEA Games lalu. Dalam kurun waktu tersebut sudah lima gol ia persembahkan untuk Garuda Muda.

Comments
Loading...