Ezra Wallian Dicekal FIFA, PSSI Buka Suara

Football5star.com, Indonesia – Kasus larangan bertanding membela timnas Indonesia bagi Ezra Walian mengundang perhatian PSSI. Lewat Ratu Tisha selaku Sekjen, pihaknya akan tetap mencari jalan keluar untuk permasalahan ini.

Ezra tidak akan diizinkan untuk membela Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Hal ini dipercaya menjadi awal dari akhir kariernya bersama tim Merah Putih. Namun, PSSI masih mengusahakan mencari jalan keluar agar yang bersangkutan tetap bisa berseragam Garuda di Dada pada masa mendatang.

“Hingga saat ini, kami menghormati keputusan yang diambil oleh FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk melakukan challenge terkait status Ezra,” kata Ratu Tisha Destria, dikutip dari laman resmi PSSI.

ratu tisha-pssi-satgas
f5s

Alasan FIFA tidak mengizinkan Ezra merumput untuk Indonesia adalah karena yang bersangkutan sudah pernah membela timnas Belanda U-17. Saat itu, ia juga tampil dalam ajang kualifikasi Euro U-17 2014 melawan San Marino dan mencetak lima gol.

Dikutip dari KumparanBola, FIFA menegaskan alasan dari keputusan yang diambil dalam menyikapi kasus ini.             “Berdasarkan ‘Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes’, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada Asosiasi yang bisa memberikannya hak bermain.” tulis pernyataan dari FIFA yang ditandatangani Omar Ongaro (Football Regulatory Director FIFA) dan Erika Montemor Ferreira (Head of Players’ Status).

Pemain yang juga pernah mengenyam pendidikan di akademi Ajax tersebut juga pernah tampil untuk Indonesia di SEA Games 2017. Namun, pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara tersebut tak masuk kalender FIFA sehingga tak bisa dikatakan masuk dengan regulasi yang ditetapkan.

Comments
Loading...