Fakhri Husaini Sependapat dengan Shin Tae-yong Soal Hal Ini

Football5Star.com, Indonesia – Eks pelatih Timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, sependapat dengan Shin Tae-yong soal asupan gizi pemain. Dia menyebut kalau memang pesepak bola dilarang keras makan gorengan.

Seperti diketahui, soal menu makanan pesepak bola belakangan tengah jadi sorotan tajam dari netizen. Banyak pemain yang mengunggah makanannya yang dianggap oleh warganet sembarangan. Mulai dari makanan pedas, sampai berlemak.

Hal ini membuat Fakhri Husaini ikut buka suara. Dia jua sependapat dengan Shin Tae-yong yang sebelumnya melarang keras para pemain Timnas Indonesia makan gorengan.

football5star.com/ervhan satrio

“Tentu ini masalah budaya bahwa sebagian besar pemain sepak bola Indonesia, bahkan sejak dari saya main di Timnas Indonesia. Ini masalah yang cukup serius dan kerap menjadi perhatian, terutama bagi pelatih asing. Apa yang dilakukan Shin Tae-yong ini juga pernah dilakukan pelatih asing. Makan gorengan pernah pantang juga buat kami,” ungkap Fakhri Husaini kepada wartawan.

Pelatih yang membawa Timnas U-16 Indonesia juarai Piala AFF itu mengakui kalau cara berpikir pemain memang masih harus dibenahi. Pemain Indonesia, kata dia, kebanyakan leboh memilih makan sesuai selera, bukan untuk kesehatan.

“Cara berpikir pemain kita bukan manfaat yang dia makan ke tubuh, tetapi rasanya, selera. Buat mereka makan yang nggak enak rasanya bisa ditolak meski penting dan bermanfaat ke tubuh,” papar dia.

“Dari rumah harus diatur pola makan sehat jangan berpikir makanan sehat seolah-olah mahal. Dengan biaya murah bisa juga buat makanan sehat, misal sayur bening. 4 sehat 5 sempurna juga nggak mahal,” tambah Fakhri Husaini.

Pemain, lanjut Fakhri Husaini, harusnya punya kesadaran bahwa yang dimakan akan menentukan usia produktif dan kelangsungan karier. “api memang, ketika banyak lemak santan masuk, itu masalah, nggak cuma buat atlet saja,” pungkas Fakhri.

Fakhri HusainiShin Tae-yongTimnas U-19 Indonesia