Fakhri Husaini Ungkap Pelajaran dari Kekalahan Lawan Iran

Football5Star.com, Indonesia – Kekalahan 2-4 yang dituai timnas U-18 Indonesia saat menghadapi Iran, Sabtu (7/9/2019), tak terlalu dipermasalahkan oleh pelatih Fakhri Husaini. Menurut dia, laga itu memang ajang untuk belajar karena lawan memang punya level lebih tinggi.

Secara khusus, Fakhri Husaini mengungkapkan satu pelajaran penting dari pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga itu. Pelajaran tersebut adalah soal antisipasi para pemain terhadap set piece yang dilakukan lawan. Dia menilai Beckham Putra Nugraha dkk. masih lemah dalam hal yang satu ini.

“Dari permainan, saya sudah puas di luar empat gol ke gawang kami. Kami banyak kemasukan melalui set piece, tentu ini menjadi evaluasi,” Ujar Fakhri Husaini seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi PSSI.

Fakhri Husaini berharap timnas U-18 Indonesia lebih mengasah keberanian saat menghadapi set piece lawan.
pssi.org

Pelatih kelahiran Aceh itu lebih lanjut mengatakan, “(Babak kedua) Kembali kita kemasukan lewat set piece dan tentu ini menjadi langkah awal kami menyusun evaluasi.”

Menurut Fakhri Husaini, antisipasi set piece bukanlah hal baru. Selama ini, hal itu termasuk menu yang diberikan kepada para pemain dalam pemusatan latihan. Namun, dia merasa hasilnya belum terlihat nyata.

“Set piece ini bukan hanya masalah taktik dan teknik, tapi berani berduel. Lebih bagus pecah kepala dibanding kemasukan. Ini saya melihat gol yang terjadi terlalu mudah. Di latihan, kita sudah melatih berkali-kali dan yang terpenting adalah nyali pemain itu sendiri,” urai mantan pelatih PKT Bontang itu.

Fakhri Husaini meyakini anak-anak asuhnya akan mau dan mampu mengambil pelajaran penting dari laga lawan Iran tersebut. Pembuktian dari hasil belajar itu akan terjadi saat timnas U-18 kembali menghadapi Iran pada 11 September mendatang di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

Comments
Loading...