Moskow Dulang 1,6 Miliar Dollar dari Fans Selama Piala Dunia

Football Live Star Football5Star, Indonesia – Perhelatan Piala Dunia 2018 mendongkrak perputaran uang di Rusia. Di Kota Moskow saja, dari 14 Juni hingga 15 Juli, uang sebanyak 96,6 miliar rubel atau setara 1,6 miliar dollar AS dibelanjakan para fans sepak bola yang datang ke kota itu.

“Total sebanyak 3,8 juta fans datang ke Piala Dunia di Rusia. Konsumsi fans di Moskow mencapai sekitar 96,6 miliar rubel (sekitar 1,6 miliar dolar AS),” papar Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin di Forum Urban Moskow, Selasa (17/7/2018), seperti dikutip Football5Star.com dari Russia Today.

Fans sepak bola di Moskow saat gelaran Piala Dunia 2018.
zimbio.com

Total pendapatan selama Piala Dunia itu, menurut Sobyanin, membuat kotanya dipastikan tak mengalami kerugian. Apalagi biaya yang dikeluarkan kotanya untuk perhelatan Rusia 2018 tidaklah besar.

“Bicara soal pengeluaran terkait infrastruktur Piala Dunia, kami tak membuat sesuatu yang istimewa di Moskow. Hanya renovasi Stadion Luzhniki agar memenuhi stardar FIFA,” ungkap dia. “Biaya konstruksi sebesar 25 miliar rubel (400 juta dollar AS). Namun, itu aset kapital dan kami bisa mendapatkan setengah dari uang yang kami keluarkan itu dalam waktu sebulan.”

Selama gelaran Piala Dunia 2018, ada 12 laga yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow. Itu hampir 19 persen dari total keseluruhan laga. Di antaranya adalah partai pembuka antara Rusia dan Arab Saudi serta final Prancis vs Kroasia.

Di kota ini, kegiatan para fans dari 32 tim yang berlaga di Rusia 2018 terpusat di Jalan Nikolskaya. Jalan inilah yang jadi tempat perayaaan para penggila bola tersebut selain Stadion Luzhniki tentu saja.


Tahukah Anda?

Total jumlah penonton yang menyaksikan langsung 64 laga di stadion selama Piala Dunia 2018 berjumlah 3.031.768 orang. Itu berarti setiap pertandingan disaksikan rata-rata 47.371 orang.

Comments
Loading...