Fase Grup Usai, Inilah 16 Klub yang Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

Football5Star.com, Indonesia – Fase grup Liga Champions telah berakhir. Sebanyak 16 klub telah memastikan lolos ke fase gugur, yakni babak 16-besar. Menariknya, untuk kali pertama sepanjang sejarah, 16 klub tersebut hanya berasal dari lima negara, yakni Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis.

Inggris dan Spanyol sama-sama meloloskan semua wakilnya. Empat wakil Inggris yang akan bertarung pada babak 16-besar adalah Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Chelsea. The Cityzens dan The Reds lolos sebagai juara grup, sedangkan Spurs dan The Blues sebagai runner-up grup.

Komposisi serupa terjadi pada empat wakil Spanyol. Barcelona dan Valencia melaju sebagai juara grup. Adapun Real Madrid dan Atletico Madrid lolos dengan status runner-up grup.

Atalanta membuat sejarah dengan lolos ke babak 16-besar pada debutnya di Liga Champions.
uefa.com

Jika Inggris dan Spanyol meloloskan empat wakil, Jerman dan Italia sama-sama meloloskan tiga wakil. Pada babak 16-besar, Jerman akan diwakili Bayern Munich, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig. Sementara itu, tiga wakil Italia adalah Juventus, Napoli, dan Atalanta. Adapun dua tempat sisa adalah milik dua wakil Prancis, yakni Paris Saint-Germain dan Olympique Lyon.

Di antara 16 tim yang akan berlaga pada babak 16-besar, Bayern Munich adalah yang terbaik. Die Roten adalah satu-satunya tim yang lolos dengan hasil sempurna pada fase grup. Mereka meraup enam kemenangan dari enam pertandingan.

Sementara itu, RB Leipzig dan Atalanta jadi tim yang lolos untuk kali pertama ke babak 16-besar. Khusus La Dea, ini sangat istimewa karena mereka baru kali ini berpartisipasi di ajang Liga Champions.

Daftar Klub di 16-Besar Liga Champions 2019-20

Paris Saint-Germain (Prancis, juara Grup A)
Real Madrid (Spanyol, runner-up Grup A)
Bayern Munich (Jerman, juara Grup B)
Tottenham Hotspur (Inggris, runner-up Grup B)
Manchester City (Inggris, juara Grup C)
Atalanta (Italia, runner-up Grup C)
Juventus (Italia, juara Grup D)
Atletico Madrid (Spanyol, runner-up Grup D)
Liverpool (Inggris, juara Grup E)
Napoli (Italia, runner-up Grup E)
Barcelona (Spanyol, juara Grup F)
Borussia Dortmund (Jerman, runner-up Grup F)
RB Leipzig (Jerman, Juara Grup G)
Olympique Lyon (Prancis, runner-up Grup G)
Valencia (Spanyol, juara Grup H)
Chelsea (Inggris, runner-up Grup H)

Comments are closed.