Fatih Terim Dipecat dari Timnas Turki

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih timnas Turki, Fatih Terim, dicopot dari jabatannya. Hal itu diumumkan secara resmi oleh Turkish Football Federation (TFF), Rabu (26/7/2017). Pemecatan itu diduga terkait insiden di sebuah restoran.

“Sejumlah masalah yang tak terkait sepak bola dan muncul ke publik dan media telah membuat TFF memutuskan hubungan dengan pelatih timnas, Fatih Terim,” sebut pernyataan resmi TFF. “Akan lebih baik bagi kedua belah pihak untuk berpisah.”

Selain soal pemecatan, dalam pernyataan resmi itu, TFF juga menyampaikan terima kasih atas pengabdian, kontribusi, dan prestasi pelatih berumur 63 tahun itu.

Pemecatan itu ditengarai sebagai buntut dari insiden yang terjadi di sebuah restoran di Alacati, Ismir. Beberapa pekan lalu, Terim bersama dua menantunya terlibat cekcok dengan pemilik restoran tersebut. Bukan hanya itu, rekaman CCTV menunjukkan adanya perkelahian. Lima orang terluka dalam insiden tersebut.

Terim menangani timnas Turki sejak 2013. Prestasi terakhirnya adalah membawa Hakan Calhanoglu dkk. ke Piala Eropa 2016. Sebelumnya, dua kali dia pernah menangani Turki. Pertama, pada 1993 hingga 1996. Kedua, dari 2005 sampai 2009.

Selama menangani Turki dalam tiga periode, prestasi tertinggi pelatih yang juga pernah menangani AC Milan itu adalah mencapai semifinal Piala Eropa 2008. Kala itu, mereka gagal melangkah ke partai puncak karena disingkirkan Jerman lewat gol penentu dari Philipp Lahm tepat pada menit terakhir.

Comments
Loading...