FC Twente Gandeng Apparel Saat Barcelona Rajai Eropa pada 1992

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah langkah menarik diambil klub Liga Belanda, FC Twente Enschede. Mereka resmi menggandeng perusahaan apparel Meyba yang menjadi mitra Barcelona saat merajai Eropa dengan menjuarai Liga Champions 1991-92. Mulai musim depan, Twente akan menggunakan produk apparel itu.

“Saya kira banyak klub akan melirik kostum kami dengan penuh kekaguman. Dari sisi penampilan dan arti historis, ini langkah besar bagi FC Twente,” ujar Manajer Perlengkapan Ingo Buscher seperti dikutip Football5Star.com dari Eindhovens Dagblad.

Dia pun lantas mengungkapkan jejak Meyba di kancah sepak bola. “Meyba adalah perusahaan ternama pada 1980-an hingga awal 1990-an. Para pemain besar dan tim impian Barcelona bermain dengan menggunakan apparel ini,” urai dia lagi.

Menurut Buscher, langkah kerja sama dengan FC Twente pun sangat penting bagi Meyba. Inilah tonggak comeback perusahaan yang berbasis di Barcelona tersebut di sepak bola. Sejak 1990-an, mereka fokus pada produksi baju renang dan sepatu karet.

“Mereka sekarang kembali ke sepak bola bersama FC Twente. Mereka ingin kembali menapakkan kaki di Eropa. Sekarang, kami sebagai klub yang tengah meniti awal baru siap mengambil langkah besar. Ini sangat bagus untuk brand awareness,” jelas Buscher lagi.

Meyba didirikan oleh duo Jose Mestre dan Joaquin Ballbe pada 1940 dan menarik perhatian setelah menjadi pemasok perlengkapan tim bagi Barcelona pada 1980-an hingga awal 1990-an. Selain El Barca, beberapa klub lain juga disponsori apparel ini. Di antaranya Real Betis, Espanyol, dan Real Valladolid.

Dari semua klub yang disponsori Meyba, Barcelona adalah yang terbesar dan tersukses. Meyba menjadi sponsor apparel Barcelona dari 1982 hingga 1992. Sesaat setelah menjuarai Piala Champions 1992, posisi mereka digantikan perusahaan apparel asal Italia, Kappa.