FEATURE: Skenario di Balik Inggris vs Jerman di 16-Besar Liga Champions?

Football5star.com, Indonesia – Undian 16 besar Liga Champions 2018-19 mempertemukan tiga wakil Jerman dengan tiga wakil Inggris. Hasil ini memunculkan dugaan ada skenario untuk mengeliminasi semua wakil Jerman. Menilik performa saat ini, potensi itu memang terbilang besar. Para wakil Inggris sedang digdaya, sedangkan dari tiga wakil Jerman, hanya Borussia Dortmund yang ciamik.

Manchester United menjadi satu-satunya wakil Inggris yang tidak bertemu dengan wakil Jerman. Sialnya, mereka bertemu dengan jawara Ligue 1, Paris Saint-Germain. Ini akan menjadi pertemuan pertama bagibagi k klub di Liga Champions.

Liverpool vs Bayern Munich
Football5star - UEFA
UEFA

Pertandingan Liverpool vs Bayern Munich menjadi salah satu laga seru yang akan terjadi di babak 16 besar Liga Champions 2018-19. Dua tim merah ini adalah semifinalis pada musim lalu. Nasib Liverpool lebih baik karena lolos ke babak final Liga Champions 2017-18 sebelum kandas di kaki-kaki kokoh milik Real Madrid. Sebelumnya, pada aemifinal, Bayern yang disingkirkan Los Merengues.

Pertemuan ini bukanlah yang pertama. Mereka sebelumnya pernah bertemu di Piala Super Eropa 2001. Itu menjadi pertemuan terakhir keduanya. Saat itu, Liverpool yang berstatus sebagai juara Piala UEFA sukses mengalahkan Bayern yang berstatus sebagai juara Liga Champions. The Reds unggul 3-2 dalam pertandingan yang digelar di Stade Louis II.

Total, mereka telah lima kali bertemu di semua kompetisi. Keduanya saling mengalahkan dengan tiga hasil imbang. Di Piala Champions 1980-81, Liverpool unggul gol tandang 1-1 di babak semifinal. Mereka pun lolos ke babak final dan menjadi juara di akhir turnamen. Meskipun lima kali bertemu, pertandingan ini akan menjadi yang pertama sejak kompetisi ini berubah format menjadi Liga Champions pada 1992-93.

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund
Football5star - UEFA
UEFA

Kedua kesebelasan inii  ten beradsama-sama sedang dalam tren positif di kompetisi domestik. Spurs kini menguntit Manchester City dan Liverpool di tiga besar Liga Premier Inggris. Sementara itu, Dortmund menjadi salah satu tim di Eropa yang belum pernah takluk di kompetisi domestik.

Laga ini juga menjadi duel dua penyerang ganas. Ada Harry Kane di kubu The Lilywhites dan Paco Alcacer di Die SchwarzgelbenKane sudah mencetak tiga gol dalam dua pertemuan terakhir Spurs melawan Dortmund.

Kedua kesebelasan telah empat kali bertemu di Liga Champions dengan hasil imbang. Keduanya saling mengalahkan. Pada musim 2017-18, Spurs sukses menang back to back atas Dortmund dengan skor 3-1 di kandang dan 2-1 saat melawan ke Signal Iduna Park. Namun, dua musim sebelumnya, justru Die Schwarzgelben yang menang back to back. Saat bermain di babak 16 besar Liga Europa, Marco Reus cs. unggul dengan agregat 5-1.

Schalke 04 vs Manchester City
Football5star - UEFA
UEFA

Laga tak imbang terjadi saat Schalke 04 bertemu Manchester City. Di kompetisi domestik, kondisi mereka bak bumi dan langit. Die Kioenigsblauentengah terkapar di peringkat ke-13 Bundesliga 1, sementara The Citizens ada di peringkat kedua Premier League.

Kedua kesebelasan telah tiga kali bersua sebelumnya. Dari tiga pertemuan itu, wakil dari Inggris itu unggul dengan dua kali menang dan sekali kalah. Pada semifinal Piala Winners 1969-70, Manchester City unggul agregat dengan skor 5-2. Di leg pertama yang berlangsung di makas Schalke, Die Königsblauenunggul 1-0, sementara di leg kedua, The Citizens menang mutlak, 5-1.

Laga ini juga akan menjadi “reuni” bagi para pemain dan pelatih Manchester City. Saat melatih FC Bayern Munich, Pep Guardiola enam kali bertemu Schalke dengan empat kali menang dan dua kali imbang. Leroy Sane, winger The Citizens juga akan “pulang” ke Veltins-Arena. Ilkay Guendogan yang kelahiran Gelsenkirchen, memilih bermain untuk Borussia Dortmund. Alhasil, ia akan menjalani “Derbi” Lembah Ruhr melawan Schalke.

3 Wakil Inggris Berpeluang Lolos?
klopp vs bayern
dailymail.co.uk

Dari tiga wakil Inggris yang akan menjamu wakil Jerman, hanya Manchester City yang memiliki peluang paling besar untuk lolos ke babak selanjutnya. Mereka “hanya” akan menjamu Schalke 04. Catatan sejarah Manchester City dan fakta bahwa Guardiola tak terkalahkan saat melawan Schalke 04 adalah buktinya. Tak hanya itu, kondisi di lapangan juga memunculkan optimisme bagi penggemar Manchetster City untuk bisa melanggang mulus ke babak 8 besar.

Kondisi sebaliknya dihadapi Liverpool dan Tottenham Hotspur. Meskipun sang lawan, Bayern Munich tengah dalam kondisi tak bagus, namun Die Bavarian tetap sebuah klub besar dengan sejuta pengalaman di Liga Champions. Kondisi kapal yang tengah goyah mungkin bisa dimanfaatkan oleh The Reds. Meskipun begitu, mereka juga harus menghapus catatan buruk mereka di Liga Champions yang selalu kalah di laga tandang musim ini.

Kondisi yang lebih berimbang terlihat saat Spurs kontra Dortmund. Keduanya dalam kondisi yang apik. Kedua pelatih mengusung sepak bola menyerang dan layak untuk ditonton. Ini juga akan menjadi duel dua pemain muda Inggris, Jadon Sancho melawan Dele Alli. Dua wajah Inggris pada masa depan.

Jadi, terlalu dini menilai tiga wakil Inggris akan melenggang mulus ke perempat final dan wakil-wakil Jerman akan ludes pada babak 16 besar. Apalagi, situasi dan kondisi saat ini tentu berbeda dengan dua bulan mendatang ketika mereka berjibaku pada dua laga babak 16 besar.

Comments
Loading...