Federasi Sepak Bola Spanyol akan Ubah Format Copa del Rey

Football5star.com, Indonesia – Sepak bola Spanyol sepertinya sedang melakukan revolusi besar-besaran. Terbaru, federasi sepak bola Spanyol, RFEF, berencana mengubah format turnamen Copa del Rey musim depan.

Seperti yang diketahui, Copa del Rey selama ini dikenal menganut sistem dua leg dalam setiap babaknya. Tapi untuk musim depan, kebijakan ini akan berubah, di mana setiap babak hanya akan menggelar satu pertandingan saja.

Dengan kata lain, tidak ada laga kandang-tandang untuk kompetisi musim depan. Baru pada perempat final laga dua leg diberlakukan. Usulan baru ini akan diajukan oleh presiden RFEF, Luis Rubiales pada sidang majelis umum.

andres iniesta angkat piala copa del rey (zimbio.com)
zimbio.com

Rencana yang terbilang radikal ini diyakini akan menuai banyak kendala. Federasi setidaknya harus bisa meyakinkan klub-klub yang berlaga di Primera Division untuk menyetujui sistem ini karena mereka berpotensi melakoni laga tandang melawan tim kasta yang jauh lebih rendah.

Adapun alasan di balik rencana ini tak lepas dari minimnya kejutan yang terjadi selama Copa del Rey menggunakan sistem dua leg. Maka diharapkan dengan hanya dihelatnya satu pertandingan mampu menghadirkan kejutan-kejutan dari klub yang berlaga di kasta-kasta di bawah Primera Division.

Terkait dengan perombakan Copa del Rey ini, Rubiales sudah berbicara dengan presiden LaLiga, Javier Tebas. Menurut laporan AS, Tebas juga sepakat dengan wacana ini dan akan mengambil keputusan dalam waktu dekat.

Comments
Loading...