FIFA Desak Iran Cabut Larangan Perempuan Datang ke Stadion

Football5star.com, Indonesia – Presiden FIFA, Gianni Infantino, turun tangan terkait larangan bagi perempuan untuk menonton pertandingan sepak bola di stadion oleh pemerintah Iran.

Iran yang merupakan negara konservatif selama ini memang melarang perempuan datang ke stadion. Peraturan ini kemudian membuat banyak warganya kerebatan dan mengecam peraturan tersebut.

Bahkan terbaru seorang perempuan yang merupakan penggemar Esteghlal Tehran membakar dirinya saat menyaksikan tim kesayangannya bertanding di stadion.

Aksi yang membuat nyawanya melayang ini merupakan bentuk protes pada aturan itu. Tidak hanya itu, ada pula suporter perempuan yang datang ke stadion dengan cara menyamar sebagai laki-laki demi bisa menyaksikan tim kesayangannya bertanding.

Melihat hal ini, Gianni Infantino mendesak agar pemerintah setempat mencabut larangannya. Menurutnya, Iran tidak berhak melarang perempuan ke stadion karena sepak bola merupakan olahraga untuk semua orang.

“Saya harap federasi sepak bola Iran dan pemerintah menerima panggilan kami yang sudah berulang kali untuk mengatasi masalah yang tidak bisa diterima ini. Saya sudah menghubungi mereka di masa lalu. Kami punya anggota dari sana dan saya masih menunggu kabar baik dari mereka,” kata Infantino seperti dilansir AS, Kamis (19/9/2019).

“Posisi kami sangat jelas, perempuan harus diizinkan ke stadion menyaksikan sepak bola di sana. Kami paham ada langkah-langkah yang perlu diambil sebelum ini dilakukan dengan cara yang aman. Kami akan menunggu ketika mereka menggelar laga kandang Oktober nanti,” katanya lagi.

FIFAGianni InfantinoIran