FIFA: Indonesia Negara Asia Pertama yang Tampil di Piala Dunia

Football5Star.com, Indonesia – Negara-negara seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi dikenal sebagai tim langganan yang mewakili benua Asia di Piala Dunia. Kendati demikian, bukan empat negara tersebut yang menjadi wakil asia pertama di gelaran empat tahunan itu.

Induk sepak bola dunia, FIFA, baru-baru ini menegaskan bahwa Indonesia lah negara benua kuning pertama yang berpartisipasi di Piala Dunia. Keberhasilan itu terjadi pada gelaran Piala Dunia 1938 yang diselenggarakan di Prancis.

Saat itu, Indonesia yang masih di bawah jajahan Belanda masih bernama Hindia Belanda. Bahkan hingga sekarang bisa dikatakan bahwa Tim Garuda masih menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang pernah mengecap panasnya kompetisi paling akbar di dunia itu.

“Tim Asia manakah yang pertama kali tampil di Piala Dunia?” tanya akun resmi FIFA di Twitter. “Hindia Belanda, yang sekarang dikenal dengan Indonesia, tampil di Piala Dunia 1928 di prancis,” jawab mereka.

Piala Dunia 1938 merupakan edisi ketiga yang digelar dari tanggal 5 Juni hingga 19 Juni 1938 di Prancis. Sebanyak 16 tim ambil bagian pada turnamen itu dengan memakai sistem gugur. Asia memang diberikan jatah satu tempat di putaran final Piala Dunia saat itu.

Indonesia berada di bawah nama Dutch East Indies (Hindia Belanda). Kelolosan ini bak sebuah hadiah karena wakil Asia lainnya, Jepang, mengundurkan diri akibat masalah perang. Namun, mereka langsung tereleminasi setelah takluk 0-6 dari Hongaria pada partai perdana.

Comments
Loading...