FIFA Izinkan Inggris Pakai Bunga Poppy di Kostum Timnas

Football5Star.com, Indonesia – Sikap FIFA dalam penggunaan bunga poppy di kostum timnas melunak. Federasi sepak bola dunia itu mengizinkan Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara mengenakannya.

Bunga poppy memang punya makna tersendiri bagi negara-negara Inggris Raya. Bunga tersebut sebagai simbol untuk mengenang jasa prajurit yang gugur di Perang Dunia.

Namun, FIFA punya pendapat berbeda. Mereka menganggap bunga berwarna merah tersebut sebagai simbol politik sehingga tak boleh muncul di arena sepak bola.

Karena itulah, Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara terkena denda pada tahun lalu. Bunga poppy pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 yang melibatkan negara-negara tersebut, November 2016.

Inggris dan Skotlandia memasang bunga simbolis itu di ban kapten tim. Sedangkan Wales dan Irlandia Utara, didenda karena bunga tersebut muncul di stadion.

Sikap FIFA itu pun mendapat kecaman. Salah satunya dari Perdana Menteri Inggris, Theresa May.

Setelah berdiskusi dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), sikap FIFA akhirnya luluh, Minggu (24/9/2017).

Seperti dilansir dari BBC, FIFA takkan lagi menjatuhkan sanksi kepada negara-negara Inggris Raya yang memasang simbol penghormatan itu untuk memperingati jasa para pejuang.

Dengan begitu, Inggris dan negara sekitarnya akan diperkenankan memasang bunga poppy saat melakukan pertandingan internasional, November mendatang. Saat itu, Inggris dijadwalkan bertemu Jerman pada laga persahabatan.

 

Comments
Loading...