FIFA Larang Pemain Ikut Piala Dunia Jika Bermain di Liga Super Eropa

Football5Star.com, Indonesia – FIFA beserta 6 konfederasi lainnya, termasuk UEFA, memberi peringatan keras kepada klub dan pemain yang akan mengikuti kompetisi European Super League atau Liga Super Eropa. FIFA tak akan mengizinkan pemain untuk bermain di Piala Dunia jika mengikuti kompetisi itu.

Spekulasi akan adanya kompetisi Liga Super Eropa sudah ada sejak 2 tahun lalu. Semua berawal dari majalah Jerman, Der Spiegel, yang membocorkan dokumen yang melaporkan bahwa Real Madrid membuat rencana untuk membuat liga yang diisi klub-klub elit Eropa.

Presiden Barcelona sebelumnya, Josep Maria Bartomeu, pada bulan Oktober sudah menyatakan dukungannya kepada kompetisi ini. Dan pada Senin kemarin (18/1/21), presiden Real Madrid, Florentino Perez dilaporkan bertemu presiden Juventus, Andrea Agnelli, yang merupakan ketua Asosiasi Klub Eropa (ECA) yang mewakili klub-klub besar di Eropa. Dan hal ini langsung direspon FIFA.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 - Inggris - Italia - Spanyol - Prancis - Belanda - fifa. com
fifa.com

“Mengingat spekulasi media baru-baru ini tentang pembentukan Liga ‘Super Eropa’ oleh beberapa klub Eropa, FIFA dan enam konfederasi (AFC, CAF, Concacaf, CONMEBOL, OFC dan UEFA) sekali lagi ingin menegaskan kembali dan sangat menekankan bahwa kompetisi seperti itu tidak akan diakui oleh FIFA atau konfederasi masing-masing,” tulis pernyataan FIFA seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi FIFA.

FIFA melanjutkan, “Klub atau pemain mana pun yang terlibat dalam kompetisi semacam itu tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam kompetisi apa pun yang diselenggarakan oleh FIFA atau konfederasi masing-masing.”

FIFA Club World Cup Format Baru

FIFA sebenarnya akan membuat kompetisi FIFA Club World Cup dengan format baru pada tahun ini. Dimana ada 24 tim dari 6 konfederasi akan bersaing satu sama lain. Tapi itu ditunda karena adanya pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan statuta FIFA dan konfederasi, semua kompetisi harus diorganisir atau diakui oleh badan yang relevan di levelnya masing-masing, oleh FIFA di level global dan oleh konfederasi di level kontinental. Dalam hal ini, konfederasi mengakui Piala Dunia antar Klub FIFA, dalam format saat ini dan yang baru, sebagai satu-satunya kompetisi klub di seluruh dunia, sementara FIFA mengakui kompetisi klub yang diselenggarakan oleh konfederasi sebagai satu-satunya kompetisi klub kontinental.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More