FIFA Minta Iran Izinkan “Gadis Berjanggut” Menonton Sepak Bola di Stadion

Football5star.com, Indonesia – Federasi sepak bola Dunia, FIFA meminta Iran segera menetapkan peraturan untuk wanita di sana bisa menonton laga sepak bola di dalam stadion, Kamis (22/8/2019).

Dikutip dari BBC, pemerintah Iran sebelumnya sudah memberikan sinyal untuk memberikan akses kepada wanita bisa menonton laga sepak bola di dalam stadion. Sejauh ini Iran sudah memperbolehkan laga timnas mereka ditonton langsung oleh kaum hawa.

Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei mengatakan bahwa sampai saat ini negaranya masih menggodok mengenai aturan tersebut. Menurutnya banyak pertimbangan yang harus dimatangkan pemerintah Iran untuk memberlakukan atuarn tersebut.

“Masalah sosial perlu diselesaikan dengan mempertimbangkan prisnip budaya dan peraturan yang ada di negara ini,” kata Rabiei.

getty images

Pada Liga Iran musim lalu, aparat kepolisian Iran banyak menangkap sejumlah wanita yang menyamar menjadi laki-laki saat menonton di dalam stadion.

Aksi ini mendapat banyak kecaman dari sejumlah pihak, tak terkecuali dari FIFA. Di Iran sendiri para wanita yang berani untuk masuk ke dalam stadion untuk menonton laga sepak bola disebut dengan panggilan ‘gadis berjanggut’.

Panggilan ini kemudian juga ditentang oleh sejumlah aktifis dan lebih suka memberi julukan para wanita ini sebagai “gadis azadi” atau gadis kebebasan.

“Banyak orang percaya pemerintah tak berperan terkait penangkapan itu tapi pemerintah pun tak memberikan reaksi atas kasus tersebut,” kata salah satu aktifis di Iran, Sepehr Khorrami.

Comments
Loading...