FIFA Siap Rombak Format Piala Dunia Antarklub

Football5star.com, Indonesia – Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan bahwa format Piala Dunia Antarklub akan berubah total pada tahun 2021 mendatang. Dalam format terbarunya, Piala Dunia Antarklub akan diikuti oleh 24 peserta dan akan digelar setiap empat tahun.

Gianni Infantino mengatakan perubahan format ini ditujukan untuk mengakomodir kemajuan di dunia sepak bola. Terutama di sektor pengelolaan klub profesional di seluruh belahan dunia. Ia pun menilai adanya format terbaru akan benar-benar menunjukkan siapa yang berhak memegang titel sebagai klub terbaik di dunia

“Sekarang, dunia akan melihat Piala Dunia Antarklub yang sebenarnya dimana klub-klub terbaik di dunia akan saling beradu demi mendapatkan gelar sebagai yang terbaik di seluruh dunia,” kata Gianni Infantino dikutip dari Sky Sports.

Gianni Infantino - FIFA - Piala Dunia Antarklub - Marca
Marca

“Klub-klub sepak bola di seluruh belahan dunia sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal itu membuat kami ingin mengadakan turnamen yang akan diikuti oleh klub-klub terbaik di dunia mulai tahun 2021 mendatang,” kata Gianni Infantino menambahkan.

Sebelumnya, Piala Dunia Antarklub merupakan kompetisi eksklusif yang hanya diikuti oleh tujuh tim dari seluruh belahan dunia. Untuk menjadi peserta Piala Dunia Antarklub, setiap tim harus terlebih dahulu menjadi jawara dari kompetisi tertinggi di konfederasinya masing-masing.

Dari 15 edisi, jawara Liga Champions yang menjadi perwakilan Eropa berhasil mendominasi.. Hanya ada empat klub non-Eropa yang berhasil menjadi kampiun. Klub non-Eropa terakhir yang berhasil menjadi juara adalah Corinthians pada tahun 2012 lalu.

Comments
Loading...