FIFA Siapkan Piala Super Setiap Empat Tahun Sekali

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah rencana besar tengah digodok FIFA terkait dua turnamen, yakni Club World Cup dan Piala Konfederasi. Seperti dilaporkan Mundo Deportivo dan La Gazzetta dello Sport, badan sepak bola dunia tersebut berencana menggelar “Super Club World Cup”.

Saat ini, Club World Cup hanya diikuti oleh enam klub yang mewakili setiap konfederasi plus klub dari tuan rumah. Namun, pada 2021, FIFA berencana menambah peserta menjadi 24 klub. Rinciannya, 12 klub dari Eropa, 5 dari Amerika Selatan, dan masing-masing dua wakil dari Afrika, Asia, dan Amerika Utara. Satu klub lagi adalah juara di negara yang menjadi tuan rumah.

Sebanyak 24 tim yang bertarung nantinya akan dibagi ke dalam delapan grup. Selanjutnya fase gugur dimulai dari 8-besar hingga final. Artinya, sebuah tim hanya butuh lima laga untuk meraih trofi juara.

“Super Club World Cup” ini pun tidak akan digelar setiap tahun. Rencananya, turnamen baru ini akan menggantikan Piala Konfederasi yang digelar setiap empat tahun sekali. Turnamen ini pun akan menjadi Piala Dunia Antarklub dengan kompetisi di setiap konfederasi sebagai ajang kualifikasinya. Seperti Piala Konfederasi, turnamen ini digelar pada pertengahan tahun. 

Satu hal yang belum jelas adalah nasib Club World Cup yang biasanya digelar setiap tahun. Pasalnya, format kompetisi yang melibatkan enam klub ini digelar pada akhir tahun. Belum jelas betul apakah Club World Cup akan tetap berjalan, ditiadakan, atau hanya tidak ada pada tahun penyelenggaraan “Super Club World Cup”.

Comments
Loading...