Filipina Sukses Pecahkan Rekor Timnas Indonesia Setelah 62 Tahun

Football5Star.com – Filipina sukses memecahkan rekor Timnas Indonesia setelah 62 tahun. Hal itu setelah mereka meraih hasil imbang tanpa gol saat melawan Cina di Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 Oktober kemarin.

Dikutip Fox Sports Asia, terakhir kali negasa ASEAN sukses meraih poin melawan Cina terjadi pada 1957 lalu. Kala itu Timnas Indonesia sukses menyingkirkan Cina dari Kualifikasi Piala Dunia 1958 di babak pertama Asia, 62 tahun lalu.

Saat itu, Indonesia sukses menang 2-0 atas Cina dalam pertemuan pertama yang digelar di Stadion Ikada, Jakarta berkat dua gol Ramang. Tapi, Cina bangkit dengan meraih kemenangan 4-3 atas Indonesia di Stadion Ziannongtan, Beijing.

Akhirnya laga ditentukan di venue netral untuk menentukan tim yang lolos ke babak kedua. Pertandingan akhirnya digelar di Stadion Aung San, Myanmar. Tetapi, kala itu pertandingan tanpa gol setelah perpanjangan waktu,

Indonesia saat itu berhak lolos karena rata-rata gol lebih baik dari Tiongkok. Sebab, pada 1950-an dalam regulasi FIFA belum diperkenalkan adu penalti.

Kendati begitu, Indonesia akhirnya memutuskan mundur dari putaran kedua saat melawan Israel. Penyebabnya, Indonesia saat itu meminta laga melawan Israel digelar di tempat netral. Namun, FIFA menolak permintaan mereka.

Setelah kekalahan itu, Cina telah mencatatkan 18 kemenangan beruntun melawan tim ASEAN di Kualifikasi Piala Dunia selama bertahun-tahun. Tapi sepertinya, negara-negara Asia Tenggara sekarang mulai mengejar ketinggalan, termasuk saat Filipina menahan imbang tanpa gol,

Kualifikasi Piala Dunia 2022Timnas CinaTimnas FilipinaTimnas Indonesia