Final Liga Europa: Sevilla vs Inter, Pertemuan Dua Pelatih Minim Pengalaman

Football5star.com, Indonesia – Final Liga Europa musim ini akan mempertemukan Sevilla vs Inter di Stadion RheinEnergie, Sabtu (21/8/2020). Final kompetisi Eropa ini akan menghadirkan pertarungan taktik antar dua pelatih minim pengalaman, Antonio Conte vs Julen Lopetegui.

Kedua pelatih memang tak memiliki pengalaman panjang antar tim mereka masuk ke babak final kompetisi Eropa. Final Liga Europa musim ini bahkan jadi pengalaman pertama bagi Conte memimpin timnya bertarung di partai puncak kompetisi Eropa.

Sevilla vs Inter, Pertemuan Dua Pelatih Minim Pengalaman
getty images

Semenjak melatih pada 2006, Conte baru musim ini mampu membawa anak asuhnya main di partai puncak. Saat melatih Juventus musim 2011 hingga 2014, prestasi terbaik Conte adalah semifinal Liga Europa musim 2013-14 bersama Juventus.

Musim itu, Juventus yang terlempar dari babak penyisihan grup Liga Champions mampu melaju hingga babak empat besar Liga Europa. Sayangnya Juve tak berkutik saat bertemu Benfica. Juve kalah agregat 2-1 oleh wakil Portugal tersebut.

Namun Conte memiliki keunggulan jika membicarakannya sebagai seorang pemain. Conte pernah tiga kali mengantarkan Juventus meraih juara kompetisi Eropa, Liga Champions musim 1995-96, Piala UEFA musim 1992-93 serta Piala Intertoto 1999.

Catatan final kompetisi Eropa Lopetegui

Lantas bagaimana dengan Julen Lopetegui? Jika dibandingkan dengan Conte sebagai seorang pemain, mantan kiper Real Madrid ini tentu kalah. Ia belum pernah menajdi juara di level kompetisi Eropa saat berkarier sebagai pemain.

Namun untuk catatan mengantarkan tim yang diasuhnya melaju ke partai puncak kompetisi Eropa, pelatih 53 tahun ini lebih baik dibanding Conte. Saat menjadi pelatih timnas U-19 dan U-21 Spanyol, Lopetegui mampu meraih dua gelar kompetisi Eropa.

Sevilla vs Inter, Pertemuan Dua Pelatih Minim Pengalaman2
uefa.com

Pertama saat melatih timnas U-19 Spanyol, ia mempersembahkan gelar Euro U-19. Di partai puncak, Spanyol mengalahkan Yunani dengan skor 1-0 lewat gol Jese Rodriguez. Ini jadi gelar ke-9 bagi Spanyol di ajang Euroo U-19.

Gelar kedua diraih Lopetegui saat melatih timnas U-21 Spanyol. gelar Euro U-21 2013 ia persembahkan. Di partai final, Lopetegui kandaskan Italia dengan skor 4-2. Hat-trick Thiago Alcântara dan satu gol Isco hanya mampu dibalas oleh gol dari Ciro Immobile dan Fabio Borini.

Menarik untuk ditunggu, siapa antara dua pelatih ini yang akan mempersembahkan gelar kompetisi Eropa pertamanya di level klub? Antonio Conte dengan pengalamannya sebagai pemain atau Lopetegui yang punya sejarah di level kompetisi Eropa usia muda?

Sevilla vs Inter, Pertemuan Dua Pelatih Minim Pengalaman

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More