Fisik dan Masalah Asupan Gizi Jadi Sorotan Pasca Kekalahan Timnas

Football5star.com, Indonesia – Hasil buruk diraih timnas Indonesia saat menghadapi Malaysia di laga perdana grup G babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). Andritany Ardhiyasa cs kalah 2-3 dari Harimau Malaya.

Menanggapi kekalahan dari Malaysia ini, mantan pelatih timnas Putri Indonesia Timo Scheunemann menganggap penyebab paling mendasar ialah masalah fisik.

“Memang bisa saja dipertanyakan pemilihan kiper, atau pergantian pemaindi babak 2 yang malah melemahkan lini tengah, dan saya yakin pelatih akan mengambil pelajaran dari hal tersebut, tapi penyebab paling mendasar kekalahan adalah fisik.” kata Timo saat dihubungi Football5star.com, Jumat (6/9/2019).

Dikatakan oleh mantan pemain Persiba Balikpapan tersebut bahwa masalah fisik ini harus menjadi catatan federasi dan PT Liga utamanya dalam urusan jadwal Liga 1 2019.

“Soal fisik ini harus menjadi catatan PT Liga dalam membuat jadwal, tapi saya lebih menyorot kurangnya kesadaran pemain kita dalam mengkonsumsi sesuai kebutuhan atlet” ucap Timo.

Apa yang dikemukakan oleh Timo memang menjadi fakta pertandingan Indonesia vs Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno. Sempat unggul 2-1 di babak pertama, memasuki babak kedua fisik pemain Indonesia terkuras habis. ‘

Kelemahan fisik mengakibatkan hilangnya konstrasi pemain. Hal ini jadi petaka di menit injury time babak kedua saat pemain naturalisasi Malaysia Mohamadou Sumareh mampu mencetak gol kemenangan untuk Harimau Malaya.

Comments
Loading...