Radnik Surdulica, Klub Baru Witan Sulaiman yang Ditonton Rerata Cuma 979 Orang

Football5star.com, Indonesia – Witan Sulaiman dipastikan memulai karier di Liga Serbia bersama FK Radnik Surdulica. Menariknya, klub baru Witan di Eropa itu hanya ditonton rata-rata 979 orang dalam laga kandang.

Klub asal kasta teratas Liga Serbia itu bermarkas di Gradski Stadion Surdulica atau nama lainnya Surdulica City Stadium. Stadion yang berdiri pada 1987 itu hanya memiliki total kapasitas 3,312 penonton.

Witan Sulaiman Gabung Klub Serbia, Ini Reaksi Egy Maulana Vikri dan Ikhsan Fandi - IG @witansulaiman_

Meski begitu, jumlah kapasitas itu tak melulu penuh dalam setiap pertandingan Radnik Surdulica. Pada musim 2018-2019, rerata penonton dalam 19 laga kandang mereka di Super Liga Srbije hanya 979 orang.

Jumlah penonton terbanyak Radnik Surdulica dalam semusim itu adalah 2.200, yakni ketika menghadapi Red Star Belgrade alias Crvena Zvezda, yang berakhir dengan kekalahan 0-1.

Angka itu tidak lebih tinggi ketimbang rata-rata penonton dalam laga tandang, yakni 1.632 penonton. Rekor penonton terbanyak dalam laga tandang adalah 13.120 yang mirisnya ketika Radnik Surdulica kalah 0-6 dari tuan rumah Crvena Zvezda.

radnik surdulica-vranjske
vranjske

Pada musim 2019-2020, catatan laga kandang klub baru Witan Sulaiman itu membaik. Dalam 10 laga kandang yang sudah dilalui di Surdulica City Stadium, rerata penontonnya adalah 1.180 dengan rekor terbanyak 2.000 ketika menjamu Vojvodina Novi Sad, Partizan Belgrade, dan lagi-lagi Crvena Zvezda.

Jika dibandingkan dengan klub-klub di Indonesia, rerata penonton laga kandang FK Radnik Surdulica jelas kalah jauh. Bandingkan dengan PSS Sleman, yang pada Liga 1 2019 rata-rata 18.909 penonton pada laga kandang.

Apalagi dengan Persija Jakarta, yang mencatatkan diri sebagai klub dengan rerata penonton kandang tertinggi di Asia Tenggara. Musim lalu, Persija Jakarta ditonton rata-rata 24.303 dalam laga kandang.