Franck Ribery: Terlempar dari Mobil hingga Berlabuh di Fiorentina

Football5star.com, Indonesia – Klub Kota Firenze, Fiorentina, resmi mendapatkan winger berusia 36 tahun asal Prancis, Franck Ribery. Fiorentina mengontrak Ribery dengan durasi dua musim dengan bayaran 4 juta euro per tahun.

Dikutip dari Football Italia, Ribery jadi pemain bintang kedua yang direkrut Fiorentina pada awal musim ini setelah Kevin-Prince Boateng.

“Saya melakukan pembicaraan dengan Fiorentina dalam sepekan terakhir, begitu juga dengan (Luca) Toni. Ia adalah sosok yang bilang kepada saya bahwa Fiorentina adalah klub besar dan memiliki kota indah,” kata Ribery.

Karier di Franck Ribery di sepak bola dilaluinya cukup berliku. Pada usia yang masih sangat muda, Ribery mengalami kecelakaan fatal. Ia terlempar dari dalam kaca mobil saat berusia 2 tahun.

Beruntung nyawanya bisa terselamatkan meski hingga ia dewasa ada bekas luka besar di pipi kanan. Bekas luka itu pun sampai sekarang masih terlihat jelas di wajah Ribery. Menjalani hidup dengan bekas luka, pria kelahiran di Boulogne-sur-Mer sempat mendapat hinaan dari anak-anak seusianya.

Hidup di pinggiran kota Prancis yang sebagian masyarakatnya ialah imigran dari seluruh pelosok dunia membuat ia harus kuat demi bisa bertahan hidup.

Sepak bola kemudian jadi pilihan untuk ia bisa keluar dari masa kelam di usia belianya. Sayang cobaan kembali ia hadapi. Dengan alasan fisiknya yang kecil, akademi sepak bola Lille kemudian melepas Ribery. Ditambah kemampuan akademisnya yang membuat akademi Lille tak bisa mempertahankannya.

Dikutip dari thesefootballtimes, ia lalu pulang kampung untuk masuk ke akademi Boulogne. Ia diberi kesempatan untuk menjalani debutnya di kompetisi kasta keempat Liga Prancis pada usia 18 tahun pada 2000 silam.

Bermain di Liga Turki

Setelah mendapat capaian bagus bersama Metz, Ribery memutuskan hijrah ke klub Liga Turki Galatasaray. Opsi kepada dirinya ialah pinjaman enam bulan dan pembelian sebesar 3 juta euro jika bermain mengesankan di Liga Turki. Debutnya pada Februari 2005 dan masuk sebagai pemain pengganti selama 30 menit.

Sayang kemudian Ribery malah memutuskan untuk mengakhiri kontraknya bersama Galatasaray. Alasannya ia belum mendapat upah selama empat bulan bermain di Galatasaray. Tindakan ini yang kemudian membuatnya berubah dari pahlawan menjadi musuh bersama fans Galatasaray.

Bahkan masalah ini berujung ke meja pengadilan. Pihak Galatasaray mengatakan bahwa kasus ini harus diselesaikan hingga tuntas karena merasa tercemarkan nama baiknya oleh Ribery.

“Tujuan kami memperpanjang kasus ini adalah mendapatkan ia untuk kembali bemain untuk klub dan mematahui kontraknya,” kata Mehmet Helvaci, pengacara Galatasaray saat itu seperti dikutip dari BBC.

Franck Ribery menjadi pemain tersukses di Liga Jerman dengan koleksi 9 gelar juara.

Legenda Bayern Munich

Selesai di Turki dan menjadi pemain andalan di Marseille. Ribery mendapat tawaran dari klub Bundesliga Bayern Munich pada 2007.

Ribery terbilang salah satu pemain asal Prancis yang cukup sukses di Jerman. Begitu banyak gelar yang ia persembahkan untuk publik Allianz.

Total selama bermain di Bayern Munich, Ribery meraih 24 gelar. Itu satu gelar lebih banyak dari yang diraih Oliver Kahn. Pencapaian terbaiknya tentu saja saat membawa Bayern Munich menjuarai Liga Champions 2012-13. Di final, dialah pemberi assist bagi Arjen Robben yang mencetak gol penentu kemenangan 2-1 atas Borussia Dortmund.

Ayah dari Hiziya, Shahinez, Seif El Islam, dan Mohammed itu bermain di Allianz Arena selama 12 tahun. Bersama Bayern Munich, ia menorehkan 124 gol dari 425 pertandingan sepanjang kariernya di Jerman.

Pada Mei 2019 lalu, Ribery mengakhiri pengabdiannya di Die Roten. Di partai terakhirnya bersama Bayern melawan RB Leipzig, Ribery memberikan satu gelar terakhir, trofi DFB Pokal.

“Saya tentu juga sedih karena harus mengakhiri karier dengan Bayern. Bahkan, saat saya duduk di bangku cadangan, saya cukup emosional menyaksikan mereka bermain. Saya senang bisa menjadi bagian dari tim untuk terakhir kalinya,” ucapnya.

Comments
Loading...