Franz Beckenbauer Ungkap Sikap Terpuji Maradona yang Patut Ditiru

Football5Star.com, Indonesia – Mengenang Diego Maradona yang meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung, Franz Beckenbauer mengungkapkan banyak kisah. Salah satunya, Der Kaiser mengungkap satu sikap terpuji El Diez yang selalu terpatri di hatinya.

Sosok Maradona memang fenomenal. Di lapangan hijau, tak dapat dimungkiri, dia pantas disebut sebagai pesepak bola paling berbakat atau bahkan pesepak bola terbaik sepanjang masa. Namun, di luar lapangan, tak sedikit yang menilai dia urakan dan angkuh.

Ada cukup banyak peristiwa yang menunjukkan sikap urakan Maradona. Salah satunya, tentu aksinya saat menyaksikan langsung timnas Argentina di Di Piala Dunia 2018 yang seperti orang mabuk. Lalu, dia jadi pelatih Dorados de Sinaloa setelah beberapa bulan sebelumnya diangkat sebagai chairman oleh Dynamo Brest.

Diego Maradona berlaku urakan saat menonton Piala Dunia 2018.
time.com

Akan tetapi, bagi Beckenbauer, Maradona jauh dari sikap sombong, urakan, apalagi seenak udel. Selama mengenal El Diez, baik saat masih jadi pemain maupun saat sama-sama sudah pensiun, Der Kaiser terpukau oleh sikapnya.

Secara khusus, ada satu sikap yang sangat berkesan di hati Beckenbauer. Itu adalah sikap hormat kepada orang-orang lebih senior. Itulah yang dialami Der Kaiser dalam berbagai perjumpaan dengan El Diez.

“Kami juga pernah bertemu pada beberapa event FIFA. Dia itu seseorang yang selalu menghampiri terlebih dahulu dan menjabat tangan. Orang-orang Eropa dapat belajar sesuatu dari hal itu. Dia selalu bersahabat, selalu baik, personalitas yang sesungguhnya,” urai Franz Beckenbauer seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Beckenbauer Tahu Maradona Sejak 1978

Sikap hormat dan hangat Diego Maradona selalu membekas di hati Franz Beckenbauer.
the18.com

Franz Beckenbauer tak menutup mata terhadap berbagai masalah yang dialami Diego Maradona. Namun, karena sikap yang selalu hangat dan baik itu, Der Kaiser tak dapat berbicara buruk.

“Dia sempat tersandung banyak masalah. Dia tak dapat menyembunyikan itu semua. Namun, sepanjang yang saya tahu dan sepanjang pengalaman saya, hanya ada respek dan respek,” ucap Beckenbauer lagi.

Franz Beckenbauer bertemu dengan Diego Maradona untuk kali pertama pada laga timnas U-21 Argentina melawan New York Cosmos pada 1978. Namun, perjumpaan keduanya yang paling dikenal adalah pada final Piala Dunia 1986 dan 1990. Saat itu, Der Kaiser adalah pelatih timnas Jerman Barat, sedangkan El Diez jadi kapten timnas Argentina.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More