Freiburg Umumkan Stadion Baru Serupa Dortmund

Football5Star.com, Indonesia – Klub anggota Bundesliga, SC Freiburg, pada Kamis (31/08/2017) secara resmi mengumumkan pembangunan stadion baru. Berdasarkan rancangan yang dipresentasikan pihak Freiburg, stadion itu nantinya akan berkapasitas 34.700 penonton dengan 36 persen atau sekitar 12.400 di antaranya tribun berdiri.

Desain stadion di Kawasan Wolfswinkel tersebut digarap oleh HPP Architects yang antara lain berpengalaman mendesai stadion milik Schalke, Nuernberg, dan Wolfsburg. Mereka jugalah yang membangun Museum Sepak Bola Jerman yang terletak di Dortmund.

Pada dasarnya, stadion ini akan dibuat dengan konsep dua tingkat. Pengecualian hanya di tribun Selatan yang hanya satu tingkat. Tribun ini juga akan mengadopsi Yellow Wall yang ada di Signal Iduna Park milik Borussia Dortmund. Menurut Oliver Leki, salah satu direktur klub, hal itu penting bagi para fans dan membangun atmosfer khas.

Satu hal yang berbeda dengan Yellow Wall, tentu saja warnanya. Tribun itu akan berwarna merah dan putih. Arsitek Antonio Viltaggio mengatakan, “Kami akan membuatnya securam mungkin.”

Stadion baru yang akan menggantikan Schwarzwald Stadion sebagai kandang Freiburg tersebut direncanakan rampung jelang musim 2020-21. Namun, pihak klub dan pemerintah kota belum bisa memberikan kepastian waktunya.

Sementara itu, biaya untuk pembangunan stadion baru ini dianggarkan sebesar 76 juta euro. Angka itu terbilang kecil bila dibandingkan dengan nilai transfer Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain yang mencapai 222 juta euro. Lalu, Bayern Munich membangun akademi baru bernama FC Bayern Campus juga dengan nilai yang tak jauh beda, 70 juta euro.

Comments
Loading...