De Jong Selalu Kagumi Barcelona Era Guardiola

Football5star.com, Indonesia – Barcelona di tangan Pep Guardiola dianggap sebagai salah satu generasi tim terbaik sepanjang masa. Hal ini pula yang ada di pikiran rekrutan anyar Blaugrana, Frenkie De Jong. Menurutnya, ia tidak bisa melupakan bagaimana kejayaan Barca saat itu.

Bagaimana tidak, Barcelona hampir tak tersentuh saat itu. Ada satu musim yang mana mereka berhasil menjuarai semua turnamen yang diikuti mulai dari Piala Super Spanyol, LaLiga, hingga Piala Dunia Antarklub. Generasi itulah yang kemudian memperkenalkan gaya tiquitaca.

De Jong pun mengakui jika permainan Barcelona generasi itu sangat membekas baginya. “Aku selalu suka melihat mereka bermain. Terutama ketika masih ditangani Pep Guardiola. Aku bisa katakana Barcelona ketika itu adalah yang terbaik,” ucapnya kepada Sport English.

Pemain 22 tahun tersebut didatangkan dari Ajax dengan transfer 75 juta euro pada Januari 2019. Namun, Barcelona memutuskan untuk membiarkannya membela De Godenzonen hingga akhir musim. De Jong meninggalkan tim lamanya dengan torehan dua gelar musim lalu yakni Piala KNVB 2019 dan Eredivisie.

Untuk mempersiapkan musim baru, Barcelona juga turut mendatangkan sejumlah pemain. Salah satu yang terbesar adalah Antoine Griezmann dari Atletico Madrid dengan biaya 120 juta euro. Tujuannya jelas yakni untuk kembali berjaya di Eropa.

Musim lalu, Barcelona kembali gagal menjuarai Liga Champions. Turnamen yang kali terakhir mereka menangi pada 2015 silam. Langkah Lionel Messi dkk dihentikan Liverpool pada babak semifinal.

BarcelonaFrenkie de JongPep Guardiola