Frenkie De Jong: VAR Hanya Untungkan Klub Besar

Football5star.com, Indonesia – Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di 16 besar Liga Champions langsung menuai kontroversi. Bahkan bintang muda Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong, mengatakan teknologi tersebut hanya menguntungkan klub-klub besar saja.

Apa yang dikatakan Frenkie de Jong ini tak lepas dari laga leg pertama 16 besar antara Ajax Amsterdam vs Real Madrid di Johan Cruyff Arena. Ajax sempat mencetak gol lebih dulu pada babak pertama melalui Nicolas Tagliafico. Tapi wasit menganulirnya setelah melihat tayangan ulang VAR.

Dalam tayangan VAR terlihat bahwa pemain Ajax lainnya, Dusan Tadic, sudah lebih dulu berdiri dalam posisi offside. Walau begitu, De Jong meyakini bahwa keputusan serupa takkan terjadi jika tim-tim besar yang mengalaminya.

VAR Pertama di Liga Champions Muncul di Laga Ajax vs Real Madrid - BBC
bbc.com

“Kami memiliki tim yang baik. Sayang sekali gol kami dianulir. Mungkin hal seperti itu mudah dilakukan untuk mendukung klub besar. Setelah itu kami memiliki peluang lagi, tapi hal tersebut tidak membuat kami menang,” kata De Jong kepada NOS, Kamis (14/2/2019).

Lebih lanjut, pemain yang musim depan akan memperkuat Barcelona itu tetap yakin dengan kans timnya di leg kedua. Ia percaya bahwa Madrid akan tampil di bawah tekanan di hadapan publiknya sendiri.

“Di Spanyol kami harus bermain dengan cara yang sama seperti di kandang. Kami ingin bermain dengan keberanian dan keyakinan. Mereka akan merasakan tekanan yang lebih banyak di depan penggemarnya sendiri,” tutupnya.

Comments
Loading...