Gabriel Jesus Gagal Penalti, Pep Guardiola Ungkap Ide Gila

Football5Star.com, Indonesia – Kemenangan 1-0 yang diraih Manchester City di kandang Sheffield United, Rabu (22/1/2020) dini hari WIB, menyisakan satu kecemasan di hati Pep Guardiola. Manajer The Cityzens itu gusar karena Gabriel Jesus gagal mencetak gol dari titik penalti. Dia pun lantas mengungkapkan sebuah ide gila.

Di Stadion Bramall Lane, Manchester City mendapatkan hadiah penalti saat laga berjalan 36 menit. Wasit menunjuk titik putih setelah Riyad Mahrez dilanggar Chris Basham di kotak penalti. Namun, eksekusi Gabriel Jesus mampu diselamatkan kiper Sheffield United, Dean Henderson. Gara-gara itu, The Cityzens harus menanti gol Sergio Aguero pada menit ke-73 untuk meraih tiga poin.

Kegagalan penalti Gabriel Jesus jadi perhatian khusus Pep Guardiola. Pasalnya, ini bukan kali pertama anak asuhnya gagal melakukan hal itu. Bukan hanya Jesus, Raheem Sterling dan Sergio Aguero pun pernah mengalami kegagalan serupa.

Eksekusi penalti Gabriel Jesus yang gagal pada laga melawan Sheffield United membuat Pep Guardiola cemas.
standard.co.uk

“Saya harus memikirkan hal ini. Saya selalu memberikan kepercayaan kepada para pemain untuk mengambilnya. Namun, kini mungkin saya harus memutuskan siapa yang harus mengambilnya,” ujar Pep Guardiola selepas pertandingan seperti dikutip Football5Star.com dari London Evening Standard.

Eks pelatih Barcelona itu menambahkan, “Bukan karena Gabriel pada hari ini, melainkan karena Sergio (Aguero) dan Raheem (Sterling) juga gagal. Kami tidak aman dalam situasi seperti itu. Pada fase gugur, detail-detail seperti ini sangat penting dan kerap jadi pembeda.”

Mungkin Tunjuk Ederson

Pep Guardiola lantas mengemukakan sebuah opsi mengejutkan. Menurut dia, bisa saja tugas eksekusi penalti diberikan kepada kiper Ederson Moraes. Dalam pandangannya, kiper asal Brasil itu adalah seorang eksekutor andal.

“Ederson adalah yang terbaik. Percaya kepada saya, dia adalah eksekutor terbaik yang kami punya soal penalti. Eddie tak punya darah di nadinya. Dia begitu kalem. Dia mampu melakukan itu,” ujar Guardiola lagi.

Ederson Moraes disebut Pep Guardiola sebagai eksekutor penalti terbaik yang dimiliki Manchester City.
manchestereveningnews.co.uk

Sang kiper pun pernah mengungkapkan kesiapannya. Pada April 2018, dia geram melihat eksekusi penalti Raheem Sterling tak menghunjam gawang Swansea City. Dia yakin bisa melakukan eksekusi lebih baik dari rekannya tersebut.

“Aku mendengar para fan mengumandangkan namaku, memintaku mengambil penalti. Namun, Gabriel yang menuju ke sana. Sayangnya, dia gagal dan Bernardo, beruntungnya, mampu mencetak gol. Andai manajer memintaku melakukannya, aku pasti mencetak gol,” kata Ederson kala itu seperti dikutip dari The Telegraph.

Kiper yang mengidolakan Rogerio Ceni itu menegaskan, “Aku tak yakin mampu melakukan set piece, tapi aku bagus dalam penalti, baik dalam menggunakan tenaga maupun teknik. City punya para eksekutor penalti reguler. Kami punya banyak opsi, tapi bila Pep Guardiola meminta, aku siap.”

Comments are closed.