Gabung Radnik Surdulica, Witan Sulaiman Termasuk Pemain Langka

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah kejutan besar dihadirkan Witan Sulaiman pada Senin (10/2/2020). Dia memastikan hengkang dari PSIM Jogjakarta dan menerima pinangan klub kasta tertinggi Liga Serbia, FK Radnik Surdulica.

Witan Sulaiman berdalih, putusan itu dibuat atas dasar keinginan mencapai cita-citanya berkiprah di Eropa. Dia pun menyadari dirinya harus bekerja sangat keras untuk dapat mengenyam pengalaman bertanding dengan klub barunya tersebut.

Di Liga Serbia, Witan akan termasuk golongan pemain langka karena berasal dari Benua Asia. Saat ini, sangat jarang pemain Asia yang berkiprah di negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Salah satu pemain Asia yang berkiprah di Divisi I Liga Serbia adalah Takuma Asano dari Jepang.
telegraf.rs

Berdasarkan data Transfermarkt, untuk musim 2019-20, Witan Sulaiman adalah pemain ketiga yang berasal dari Asia di Divisi I Liga Serbia. Dua pemain lain sama-sama berasal dari Jepang, yakni Takuma Asano yang membela Partizan Belgrade dan Noboru Shimura di Spartak Subotica.

Asano bergabung dari Arsenal pada awal musim 2019-20. Sementara itu, Shimura sudah dua tahun lebih dulu berkiprah di Liga Serbia. Dia bergabung dengan Spartak Subotica dari klub Montenegro Sutjeska Niksic pada Juli 2017. Namun, pada musim lalu, dia sempat dipinjamkan ke klub Divisi II Liga Jepang, Machida Zelvia.

Khusus di Radnik Surdulica, Witan Sulaiman adalah pemain Asia kedua. Sebelumnya, satu-satunya pemain Benua Kuning yang membela klub itu adalah Yuan Xue dari Cina.

Ada catatan kurang mengenakkan bagi Witan Sulaiman terkait keberadaan satu-satunya pemain Asia di Radnik Surdulica tersebut. Yuan Xue hanya bertahan lima bulan tanpa mendapatkan kesempatan bermain. Bergabung pada 16 Februari 2017 dari Hunan Billows, dia lantas dilepas ke klub Montenegro, Decic Tuzi, pada 20 Juli 2017.

Comments are closed.