Gagal Total di Piala Asia, Lippi Mundur Sebagai Pelatih Cina

Football5star.com, Indonesia – Kebersamaan Marcello Lippi dengan Timnas Cina resmi berakhir seiring kegagalan mereka di Piala Asia 2019. Pelatih kawakan asal Italia ini megundurkan diri dari pekerjaannya.

Cina tersingkir di perempat final Piala Asia 2019 usai dipermalukan Iran dengan skor 3-0. Hasil ini pun membuatnya mengambil keputusan berani dengan langsung mengundurkan diri.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang. Laga kemarin makin mendekati akhir kontrak di sini. Saya merasa sangat terhormat bisa memimpin tim seperti Cina,” ujar Lippi seperti dikutip Football5star.com dari Football Italia, Sabtu (26/1/2019).

China vs Iran - Piala Asia 2019 - @CSLFutbol
@CSLFutbol

Lippi mulai menangani Cina pada 2016 lalu dengan tujuan untuk meloloskan negara Tirai Bambu ke Piala Dunia 2018. Tapi laju mereka terhenti di babak play off.

Walau begitu, itu bukanlah tahun pertamanya menginjakkan kaki di Asia. Sebelumnya ia sudah lebih dulu menangani klub besar Cina, Guangzhou Evergrande. Di sana ia sangat sukses dengan raihan trofi Liga Champions Asia pada musim 2012-2013 dan Liga Super Cina tiga musim beruntun.

Kesuksesan itu pula yang membuat Federasi Sepak Bola Cina menjadikan mantan pelatih Juventus dan Inter Milan ini sebagai pelatih. Ia total sudah menjalanni 31 pertandingan bersama Negara Tirai Bambu ini.

Catatan Lippi tidak terlalu istimewa selama menangani negara Asia Timur ini. Ia hanya mencatatkan 12 kemenangan, delapan kali imbang, serta 11 kekalahan.

Comments
Loading...