Gagalkan Kemenangan Barcelona, Wu Lei Disanjung Setinggi Langit

Football5star.com, Indonesia – Gol di menit ke-88 pemain asal Cina Wu Lei di laga Derbi Catalan antara Espanyol vs Barcelona membuat Lionel Messi cs gagal menang. Padahal Barcelona sudah sempat unggul 2-1 terlebih dahulu.

Gol penyelamat Espanyol yang dicetak Wu Lei membuat dirinya menjadi jadi fokus pemberitaan nasional di Cina. Dikutip Football5star.com dari Japan Times, Senin (6/1/2020) sejumlah media di Cina menurunkan headline tentang gol Wu Lei ini.

Wu Lei menorehkan catatan bersejarah saat Espanyol imbang 2-2 dengan Barcelona.
elpais.com

Bahkan di mesin pencarian Cina, Weibo, Wu Lei menjadi trending topic dengan menghasilkan 370 juta pembicaraan baik berupa tagar ataupun kata pencarian.

“Wu sekarnag telah menjadi pemain Cina pertama yang mencetak gol melawan Barcelona di semua kompetisi.” tulis media milik pemerintah Cina, Global Television Network (CGTN).

Menurut CGTN, bab baru perjalanan pesepak bola di panggung Eropa telah dimulai dengan gol yang dicetak oleh Wu Lei tersebut. “Bab baru dalam sejarah sepak bola Cina telah dibuka,”

Kantor berita milik pemerintah Cina yang lain, Xinhua juga menurunkan pemberitaan yang tak kalah boombastis. Menurut Xinhua, Wu Lei telah membuat publik dunia terbuka atas kemampuan pemain Cina.

Sementara itu, pelatih timnas Cina Li Tie juga memberikan pujian kepada Wu Lei. Menurut mantan pemain Everton tersebut, Wu Lei bakal jadi andalan timnas Cina dan golnya adalah kehormatan untuk masyarakat Cina.

“Saya menonton pertandingan tersebut dan gol dari Wu Lei adalah sesuatu yang membawa kehormatan untuk masyarakat Cina,” kata Li Tie.