Galatasaray Sepakat Pinjam Arda Turan Pada Januari 2018

Football5star.com, Indonesia – Klub raksasa Liga Turki, Galatasaray, dikabarkan sudah sepakat untuk memboyong gelandang Barcelona, Arda Turan. Pemain berusia 30 tahun tersebut akan meninggalkan Camp Nou pada Januari 2018 dengan status pinjaman dan ada opsi membelinya pada akhir musim.

Diario Sport yang mengabarkan hal tersebut berdasarkan laporan media Turki, Fanatik. Dikatakan bahwa mantan gelandang Atletico Madrid tersebut akan dipinjam dengan harga 1,5 juta euro (sekitar Rp 23,468 miliar) dan Galatasaray memiliki opsi untuk membelinya. Kini, keputusan ada di tangan Arda.

Galatasaray bukan klub yang asing bagi Arda karena dia memulai kariernya di sana pada 2005. Selama menjadi pemain utama di sana, Arda meraih satu gelar Liga Turki, Piala Liga dan Piala Super Turki, sebelum dibeli Atletico pada Agustus 2011.

Tampil gemilang bersama klub ibu kota Italia tersebut, Arda menarik minat Barca untuk memboyongnya pada musim panas 2015 dengan harga 34 juta euro (sekitar Rp 532,047 miliar). Sayang, di Camp Nou performa Arda tidak sesuai harapan sehingga dia kehilangan tempat sebagai pemain utama.

Meskipun demikian, Arda tampil cukup impresif. Berdasarkan data Transfermarkt, pemain internasional Turki ini menyumbang 19 gol dari total 53 penampilannya bersama Barca dalam seluruh kompetisi yang diikuti.

Namun pada musim 2017-2018 ini, Arda belum pernah mendapat jatah bermain karena pelatih Ernesto Valverde tidak memasukkan namanya di dalam rencana tim. Arda justru masuk daftar pemain yang dijual tetapi selama bursa transfer musim panas, tak ada klub yang berminat membelinya.

Meskipun tersingkir dari skuad Barca, Arda tetap menjadi andalan timnas Turki. Sejak melakukan debutnya pada 16 Agustus 2006 ketika mereka menang 1-0 atas Luksemburg dalam pertandingan persahabatan, Arda sudah 100 kali membela negaranya dengan kontribusi 16 gol.

Kali terakhir Arda merumput bersama timnas pada 6 Oktober 2017 ketika mereka kalah 0-3 dari Islandia dalam pertandingan penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Turki gagal melewati rintangan sehingga tidak bisa ambil bagian dalam Piala Dunia di Rusia tahun depan.

Comments
Loading...