GALERI: Bundesliga Experience Manjakan Fan Sepak Bola Jerman

Football5Star.com, Indonesia – Pada akhir pekan ini, Jakarta diramaikan oleh kehadiran acara Bundesliga Experience. Kegiatan ini merupakan bagian dari promosi Liga Jerman oleh Bundesliga International. Selain menghadirkan trofi Die Meisterschale, datang pula sang legenda, Lothar Matthaeus.

Acara Bundesliga Experience dan kehadiran Lothar Matthaeus tentu saja menjadi magnet bagi para pencinta sepak bola Jerman. Tak sedikit dari para fan yang mengejar sang legenda ke setiap agenda yang dihadiri dalam kaitan dengan acara ini.

Gelaran Bundesliga Experience ini pun mendapatkan apresiasi. Salah satunya dari mantan Ketua Umum FC Bayern Fan Indonesia (FCBFI), Kukuh Rahardi. Dia menilai ini sebagai langkah signifikan dalam menggemakan Bundesliga di Indonesia.

“Secara umum, kedatangan Bundesliga dengan membawa Lothar Matthaeus ke Indonesia adalah angin segar bagi fan dan pencinta sepak bola Jerman,” kata Kukuh kepada Football5Star.com. “Momentum ini harus bisa dimanfaatkan oleh semua fan dan penggila sepak bola Jerman. Ini mereka sendiri lho yang datang mendatangi kita.”

Lebih jauh, Kukuh mengungkapkan, “Saat penggemar liga lain seperti Liga Primer, LaLiga, dan Serie A tampak lesu di Indonesia, kejutan dari Bundesliga yang membawa para legenda tersebut menurut saya adalah langkah brilian. Ini seperti saat FC Bayern dan Dortmund datang ke Jakarta.”

Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sementara itu, Suci Pelita Hadi, salah seorang fan berat sepak bola Jerman dan Bayern Munich, mengaku sangat senang dapat berjumpa dengan Lothar Matthaeus pada gelaran Bundesliga Experience kali ini. Menurut dia, ini sungguh luar biasa karena sang legenda adalah salah satu pemain terbesar pada eranya.

“Bertemu Matthaeus seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi semua pencinta Bundesliga. Khususnya fan Bayern dan timnas Jerman,” ujar Hadi dengan antusias.

Hadi pun kian kagum setelah melihat keramahan dan kesabaran sang legenda dalam mengikuti setiap agenda yang lumayan padat dari 14 hingga 16 November lalu. “Dia itu bintang besar, tapi begitu ramah dan bersahaja. Tak terlihat raut kesombongan, mau berpanas-panas ria, memberikan tanda tangan, hingga berfoto bersama seluruh fan yang rena mengantre,” ucap dia lagi.

Terkait kedatangan sang legenda, Hadi memberikan sentilan kepada PSSI. Dia mengaku heran kedatangan seorang legenda sepak bola besar seperti tak dimanfaatkan dengan baik oleh pihak asosiasi sepak bola Indonesia itu.

“Kehadirannya sangat menginspirasi insan sepak bola Indonesia. Sayangnya, PSSI tidak memanfaatkan momen itu untuk sekadar berdiskusi dengan pemain besar ini demi kemajuan sepak bola,” urai dia.

Secara spesifik, Hadi mengatakan, “Kenapa juga tidak diundang untuk menyaksikan partai timnas U-23 melawan Iran? Saya yakin kehadirannya bisa memotivasi para pemain yang sebentar lagi akan berlaga di SEA Games. Ingat, Lothar Matthaeus itu true legend!”

Setelah Lothar Matthaeus pada Bundesliga Experience tahun ini, kita nantikan saja siapa lagi legenda sepak bola Jerman yang akan dihadirkan Bundesliga berikutnya.

Bayern MunichBundesliga 1Bundesliga ExperienceLiga JermanLothar Matthaeus