Gara-Gara Corona, Liverpool Terancam Batal Juara Liga Inggris

Football5star.com, Indonesia – Liverpool selangkah lagi akan merengkuh gelar Liga Inggris untuk pertama kalinya. Namun, penantian selama 30 tahun mereka terancam gagal seiring mewabahnya virus corona di Eropa.

Hingga pekan ke-27 Liga Inggris, Liverpool unggul 22 poin di puncak klasemen. Dengan kata lain, mereka hanya membutuhkan lima kemenangan lagi untuk mengunci gelar.

Disaat para pemain dan fan sudah membayangkan pesta juara, mimpi buruk justru sedang menunggu di depan mata. Kemungkinan itu tak lepas dari penyebaran virus corona yang makin meluas.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyatakan seluruh pertandingan pekan ke-26 Serie A terancam ditunda bila penyebaran Virus Corona masih tak terkendali.
Getty Images

Induk sepak bola dunia, FIFA, sedang mempertimbangkan menghentikan kompetisi di Eropa agar tidak ada lagi korban jiwa yang berjatuhan. Sementara kabar lain menyebutkan jika kompetisi Premier League kemungkinan akan dipersingkat.

Jika itu dilakukan, Liverpool tidak mendapat jaminan juara jika musim 2019-2020. Tidak ada peraturan khusus jika dalam semusim kompetisi tidak dilangsungkan sebanyak 38 pertandingan.

Sportbible juga melaporkan bahwa tidak semua klub bisa memenuhi semua perlengkapan mereka jika tidak tampil dalam 38 laga. Tidak hanya Liverpool yang batal juara, sistem promosi degradasi juga bisa ditiadakan.

Sampai saat ini belum ada kasus corona di Inggris. Namun, di negara-negara lain seperti Italia, Spanyol, Prancis, dan negara tetangganya seperti Irlandia, virus mematikan itu sudah menyebar.

Di Italia, wabah corona bahkan menyebabkan lima pertandingan Serie A akhir pekan lalu ditunda. Sedangkan lima laga akhir pekan nanti terpaksa digelar tanpa penonton.