Gara-Gara Corona, Program Latihan Timnas Indonesia Berantakan

Football5star.com, Indonesia – Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengatakan, pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air menyulitkan para pelatih untuk menyusun program timnas U-19 dan senior.

“Situasi ini sedikit membingungkan staf pelatih. Jadi untuk sementara programnya masih ditangguhkan dahulu sambil melihat perkembangan ke depan,” ujar Nova kepada Antara.

Shin Bantah Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Saran Pelatih Lain
(Indra Eka/F5S)

Menurut pria berusia 41 tahun tersebut, penyusunan program harus berdasarkan arahan dari manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong. Oleh karena itu, selama program belum tersusun, para pemain yang pernah dipanggil timnas U-19 dan senior diminta untuk berlatih di tempat tinggal masing-masing.

Mereka diharapkan dalam kondisi siap dan bugar ketika dipanggil ke skuat Garuda. “Semoga para pemain bisa menjalankan latihan di rumah dengan baik,” tutur Nova.

Selain itu, dia melanjutkan, pelatih Shin Tae-Yong juga sudah mewanti-wanti pemain untuk menjaga asupan makanan selama berada di kediaman. “Yang pasti, goreng-gorengan wajib dihindari,” kata Nova.

Timnas Indonesia U-19 Indonesia sejatinya menjalani pemusatan latihan pada pertengahan Maret 2020, tetap dibatalkan karena pandemi COVID-19.

PSSI memproyeksikan tim nasional U-19 untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang berlangsung di Indonesia. Namun sebelumnya, skuat tersebut rencananya tampil di Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19 tahun 2020.

Sementara Timnas senior sedianya menjalani pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret dan Juni 2020, tetapi ditunda juga karena COVID-19.

Jika kondisi membaik, pertandingan itu bergulir pada bulan Oktober, di mana Timnas Indonesia menghadapi Thailand di laga tandang pada 8 Oktober 2020, menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan melawat ke Vietnam untuk melawan tuan rumah pada 12 November 2020.